Meningkatkan Kosa Kata melalui Metode Bernyanyi pada Anak Kelompok A
DOI:
10.29303/jmp.v5i1.8664Published:
2025-02-28Issue:
Vol. 5 No. 1 (2025): FebruariArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan bahasa anak yang masih kurang berkembang secara maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kosa kata anak melalui metode bernyanyi pada anak Kelompok A1 di TK IT AL-Ikhlashiyah. Jenis Penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif menggunakan dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Adapun metode analisis data yaitu deskriptif kualitatif dengan melihat proses pembelajaran dan hasil belajar perkembangan bahasa anak. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A1 TK IT AL-Ikhlashiyah yang berjumlah 10 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan perkembangan kosa kata anak pada kelompok A1 TK IT AL-Ikhlashiyah dimana pada siklus I diperoleh data 3 orang anak dengan kriteria berkembang sesuai harapan (BSH) dan 7 orang anak dengan kriteria mulai berkembang (MB) dan meningkat pada siklus II yaitu dengan 3 orang anak dengan kriteria berkembang sesuai harapan (BSH) dan 7 orang anak dengan kriteria berkembang sangat baik (BSB). Pada hasil pelaksanaan pembelajaran bermain peran makro dimana pada siklus I diperoleh jumlah persentase secara klasikal mencapai 46,82% dan meningkat 35% pada siklus II dengan persentase 82,49%. Hasil penelitian tersebut dikatakan berhasil karena telah mencapai indikator keberhasilan yaitu 75% sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bernyanyi dapat meningkatkan kosa kata anak keoompok A1 TK IT AL-Ikhlashiyah.
License
Copyright (c) 2025 Nuriatullizan, Baik Nilawati Astini, Fahruddin, Ika Rachmayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawahÃÂ Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya diÃÂ Jurnal Mutiara Pendidikan.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).