MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL MELALUI PENGEMBANGAN PERMAINAN PETAK UMPET PADA KELAS A DI TK DHARMAWANITA SEGALA ANYAR KECAATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Authors

Nur Aulia Safitri , Nurhasanah , Baiq Nada Buahana

DOI:

10.29303/jmp.v4i2.8874

Published:

2025-04-22

Issue:

Vol. 4 No. 2 (2024): Agustus

Articles

Downloads

How to Cite

Safitri, N. A., Nurhasanah, & Buahana, B. N. (2025). MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL MELALUI PENGEMBANGAN PERMAINAN PETAK UMPET PADA KELAS A DI TK DHARMAWANITA SEGALA ANYAR KECAATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH . Jurnal Mutiara Pendidikan, 4(2), 189–198. https://doi.org/10.29303/jmp.v4i2.8874

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sosial melalui pengembangan permainan petak umpet pada anak kelas A. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Research and Development. Subyek penelitian berjumlah 15 orang anak yang terdiri dari 10 orang anak laki laki dan 5 orang anak perempuan yang ada di TK Dharmawanita segala anyar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan dokumentasi. Kemampuan sosial anak di TK Dharmawanita segala anyar mengalami peningkatan dengan skor perhitungan pre tes sebesar 28,6 dan rata rata skor post tes sebesar 43. Dapat disimpulkan bahwa permainan tradisional petak umpet yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan sosial anak TK A Dharmawanita segala anyar Tahun 2024.

License

Copyright (c) 2025 Nur Aulia Safitri, Nurhasanah, Baiq Nada Buahana

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Mutiara Pendidikan.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>