PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE DAN NON EXAMPLE MENGGUNAKAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER MANDIRI ANAK USIA DINI

Penulis

Kurniawati Astuti , Gunawan , Ika Rachmayani

DOI:

10.29303/jmp.v5i2.10435

Diterbitkan:

2025-10-16

Terbitan:

Vol 5 No 2 (2025): Agustus

Articles

Cara Mengutip

Astuti, K., Gunawan, & Rachmayani, I. (2025). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE DAN NON EXAMPLE MENGGUNAKAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER MANDIRI ANAK USIA DINI. Jurnal Mutiara Pendidikan, 5(2), 112–119. https://doi.org/10.29303/jmp.v5i2.10435

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran example dan non example menggunakan video untuk meningkatkan karakter mandiri anak kelompok B di TKN 1 Labuapi. Sampel pada penelitian ini adalah 34 anak kelompok B. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan rancangan one-group pretest posttest design. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu uji hipotesis menggunakan uji Paired Sample t-test. Hasil penelitian yang dilakukan sebelum dan sesudah perlakuan pembelajaran model pembelajaran example dan non example menggunakan video menunjukkan nilai rata-rata pre-test perkembangan karakter mandiri yaitu 59,91 sedangkan nilai postest perkembangan karakter mandiri yaitu 85,91. Selanjutnya pada uji paired sample t-test nilai signifikasi 2 tailed perkembangan karakter mandiri sebesar 0,000 < 0,05. Oleh karena itu, hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran example dan non example untuk meningkatkan karakter mandiri anak usia dini.

Biografi Penulis

Kurniawati Astuti, Universitas Mataram

Gunawan, Universitas Mataram

Ika Rachmayani, Universitas Mataram

Lisensi

Hak Cipta (c) 2025 Kurniawati Astuti, Gunawan, Ika Rachmayani

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Mutiara Pendidikan.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>