PENGARUH MEDIA KARTU HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AWAL ANAK USIA DINI DI DESA REMPUNG

Penulis

Utsnani Qomari SP , Baik Nilawati Astini , Nurhasanah Nurhasanah , Fahruddin Fahruddin

DOI:

10.29303/jmp.v1i1.2888

Diterbitkan:

2021-08-23

Terbitan:

Vol 1 No 1 (2021): Februari

Kata Kunci:

Media Kartu Huruf, Kemampuan Membaca Awal

Articles

Cara Mengutip

Qomari SP, U., Astini, B. N., Nurhasanah, N., & Fahruddin, F. (2021). PENGARUH MEDIA KARTU HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AWAL ANAK USIA DINI DI DESA REMPUNG. Jurnal Mutiara Pendidikan, 1(1), 21–35. https://doi.org/10.29303/jmp.v1i1.2888

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media kartu huruf terhadap kemampuan membaca awal anak usia 5-6 tahun di lingkungan RW Derma Bakti Desa Rempung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen bentuk Quasi eksperimen menggunakan desain One-Gruop Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 6 anak. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Normalitas mengunakan kolmogorov smirnov, uji Homogenitas menggunakan uji One Way Anova, selanjutnya uji hipotesis menggunakan Paired Sample t-test dengan bantuan SPSS Versi 16. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca awal anak usia 5-6 tahun di lingkungan RW Derma Bakti Desa Rempung sebelum adanya perlakuan dikatakan belum berkembang terlihat dari total skor keseluruhan pada pretets sebesar 197 dan posttest dengan total skor keseluruhan sebesar 307 yang selanjutnya dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas serta uji t dengan hasil uji normalitas pretest sebesar 0, 191 dan nilai posttest sebesar 0, 200 yang keduanya > 0,05 yang berarti kedua data tersebut berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji Homogeitas menggunakan One Way Anova didapatkan hasil sebesar 0, 107 > 0,05 maka data memiliki varian yang homogen. Setelah data dinyatakan normal dan homogen maka dapat dilanjutkan dengan menggunakan uji hipotesis menggunakan Paired Sample t test terhadap nilai pretest dan posttest dengan hasil Sig. 2 tailed sebesar 0,000 < 0,05 yang menyebabkan Ha diterima dan H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh penggunaan media kartu huruf terhadap kemampuan membaca awal anak usia 5-6 tahun di lingkungan RW Derma Bakti Desa Rempung.

Referensi

Ambarani, Vinca. 2016. Kartu Pintar Huruf. Jakarta: Gramedia Jakarta.

Arifah, Nurul dan Setyowati, Sri. 2018. Pengaruh Penerapan Media Kartu Huruf Warna-Warni Terhadap Kemampuan Membaca Awal Anak Kelompok B di TK Islam Hubbul Wathon Kedunganyar Wringinanom Gresikââ¬Â Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Surabaya.

Arifin, Zainal. 2016. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi VI). Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Pangastuti, Ratna dan Hanum, Siti Farida. 2017. Pengenalan Abjad pada Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Huruf. Indonesian Journal Of Early Childhood Islamic Education Online. ISSN: 2550-1100, 1 (1), 51-66.

Retnoningsih, Ana dan Suharsodan. 2016. Kamus Bahasa Indonesia Edisi Lux. Semarang: Widya Karya.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Utami, Delfi Citra. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Negeri 1 Rajabasa Raya Bandar Lampung. Skripsi. Universitas Lampung.

Zainiyati, Husniyatus Salamah. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT Konsep Dan Aplikasi Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Kharisma Putra Utami.

Biografi Penulis

Utsnani Qomari SP, Universitas Mataram

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Baik Nilawati Astini, Universitas Mataram

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Nurhasanah Nurhasanah, Universitas Mataram

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Fahruddin Fahruddin, Universitas Mataram

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Mutiara Pendidikan.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >> 

Artikel Serupa

1 2 3 4 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.