HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN GADGET DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK KELOMPOK B DI MATARAM TAHUN 2021

Penulis

Risha Ulfayana , Nurhasanah Nurhasanah , Baik Nilawati Astini , Ika Rachmawati

DOI:

10.29303/jmp.v1i2.2893

Diterbitkan:

2021-08-26

Terbitan:

Vol 1 No 2 (2021): Agustus

Kata Kunci:

penggunaan gadget, perkembangan sosial anak, anak usia dini

Articles

Cara Mengutip

Ulfayana, R., Nurhasanah, N., Astini, B. N., & Rachmawati, I. (2021). HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN GADGET DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK KELOMPOK B DI MATARAM TAHUN 2021. Jurnal Mutiara Pendidikan, 1(2), 60–66. https://doi.org/10.29303/jmp.v1i2.2893

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan positif dan signifikan antara penggunaan gadget dengan perkembangan sosial anak kelompok B di TK IT Anak Sholeh Mataram tahun 2021. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis korelasional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah anak kelompok B di TK IT Anak Sholeh Mataram, sejumlah 28 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakanteknikproportionate stratified random sampling. Alat pengumpulan data berupa kuisioner dengan menggunakan skalaàLikert. Teknik analisis berupa uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Adapun uji prasyarat analisis meliputi: uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linieritas. Sedangkan uji hipotesis menggunakan analisis korelasi. Hasil uji normalitas menunjukkan nilai p (0,089) > 0,05 artinya data bersifat normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan nilai p (0,287) > 0,05 artinya data bersifat homogen. Hasil Uji linieritas menunjukkan nilai p (0,162) > 0,05 artinya data bersifat linier. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai p (0,022) < 0,05 dan koefisien korelasi sebesar 0,432. Berdasarkan hasil uji hipotesis tersebut, hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ada hubungan positif antara penggunaan gadget dengan perkembangan sosial anak kelompok B di TK IT Anak Sholeh Mataram Tahun 2021 diterima dan tingkat hubungan antara kedua variabel dapat dikatakan sedang.

Referensi

Ananda, R. & Fadhilaturrahmi. 2018. Peningkatan Kemampuan Sosial Melalui Permainan Kolaboratif Pada Anak KB. Riau: Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

Iswidharmanjaya, Derry & Agency, B. 2014. Bila Si Kecil Bermain Gadget. Bogor: Bisakimia.

Maria, I., & Amalia, E. R. 2018. Perkembangan Aspek Sosial-Emosional dan Kegiatan Pembelajaran yang Sesuai untuk Anak Usia 4-6 Tahun. Institut Pesantren K.H. Abdul Chalim Mojokerto.

Mukarromah, Titik. 2019. Dampak Penggunaan Gadget Pada Perkembangan Sosial Anak Usia Dini di Dusun Setia Bumi Kecamatan Seputih Banyak.

Nurhasanah. 2016. Perkembangan Anak Usia Dini. Lombok Barat: Arga Puji Press.

Puspita, Marika. 2020. Analisis Penggunaan Gadget dan Dampak Perilaku Sosial Anak Kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Mahad Islamy Palembang.

Oktaviani, Sulistya. 2019. Hubungan Antara Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Balita. Indonesia Jurnal Kebidanan: 3.

Oktia, Chusna. 2017. Pengaruh Penggunaan Gadget dan Lingkungan Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Program Studi Administrasi Perkantoran. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sinta. 2018. Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal VI.Program Studi PGPAUD. Universitas Tanjungpura.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2014. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Prenadamedia Group.

Uce, Loeziana. 2015. The Golden Age: Masa Efektif Merancang Kualitas Anak. Aceh: UIN Ar-Raniry.

Biografi Penulis

Risha Ulfayana, Universities Mataram

Nurhasanah Nurhasanah, Universities Mataram

Baik Nilawati Astini, Universities Mataram

Ika Rachmawati, Universities Mataram

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Mutiara Pendidikan.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >> 

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.