PENGARUH METODE MENDONGENG MENGGUNAKAN BONEKA JARI DAN METODE BERCERITA MENGGUNAKAN KARTU BERGAMBAR TERHADAP PERKEMBANGAN BICARA ANAK
DOI:
10.29303/jmp.v4i1.5456Diterbitkan:
2024-02-22Terbitan:
Vol 4 No 1 (2024): FebruariArticles
Unduhan
Cara Mengutip
Unduhan
Metrik
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh metode mendongeng menggunakan boneka jari terhadap perkembangan bicara anak kelompok A, menguji pengaruh metode bercerita menggunakan kartu bergambar terhadap perkembangan bicara anak kelompok A, menguji pengaruh secara bersama metode mendongeng menggunakan boneka jari dan metode bercerita menggunakan kartu bergambar terhadap perkembangan bicara anak kelompok A di TK Tunas Harapan Kombo menggunakan metode pre-experimental design dengan one group pretest-posttest design. Populasi yang digunakan 35 anak dengan sampel 15 anak sebagai sumber data yang dikumpulkan dengan instrumen menggunakan teknik observasi dan dokumentasi dengan hasil predikat objektif dalam empat skala mengikat pola likert verifikasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda, uji normalitas, uji linearitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian hipotesis pertama menunjukkan bahwa nilai thitung 3,736 lebih besar dari ttabel 2,145 maka ada pengaruh positif metode mendongeng menggunakan boneka jari terhadap perkembangan bicara anak kelompok A, selanjutnya yang kedua nilai thitung 3,602 lebih besar dari ttabel 2,145 maka ada pengaruh positif metode bercerita menggunakan kartu bergambar terhadap perkembangan bicara anak kelompok A, dan yang ketiga nilai Fhitung 14,944 lebih besar dari Ftabel 3,68 yang berarti ada pengaruh positif metode mendongeng menggunakan boneka jari dan metode bercerita menggunakan kartu bergambar terhadap perkembangan bicara anak kelompok A di TK Tunas Harapan Kombo. Dapat disimpulkan bahwa tiga hipotesis tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap perkembangan bicara pada anak. Diharapkan pada semua pihak yang berkomitmen untuk meningkatkan perkembangan bicara pada anak usia dini dapat diselesaikan dengan menerapkan metode mendongeng menggunakan boneka jari dan metode bercerita menggunakan kartu bergambar.
Biografi Penulis
Ayu Trisnawati, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram
I Wayan Karta, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram
Fahruddin, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ayu Trisnawati, I Wayan Karta, Fahruddin
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawahÃÂ Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya diÃÂ Jurnal Mutiara Pendidikan.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).