PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK KELOMPOK B DI PAUD KASIH BUNDA
DOI:
10.29303/jmp.v4i1.5600Diterbitkan:
2024-02-22Terbitan:
Vol 4 No 1 (2024): FebruariArticles
Unduhan
Cara Mengutip
Unduhan
Metrik
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi media yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di PAUD Kasih Bunda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media big book yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak dan untuk mengetahui bagaimana penerapan media big book tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau research and development (R&D) dengan mengangkat tahapan penelitian Suharsimi Arikunto diantaranya: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Evaluasi/Refleksi. Objek penelitian anak kelompok B sebanyak 7 anak. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan angket (kuesioner). Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media big book yang dihasilkan layak digunakan dalam pembelajaran dengan persentase 93,7% berdasarkan uji coba produk oleh dua orang ahli. kemampuan membaca permulaan anak meningkatkan pada setiap tahap perkembangannya dengan persentase pengembangan 1 sebesar 55,3% dan tahap pengembangan 2 sebesar 90,5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media big book yang dihasilkan dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di PAUD Kasih Bunda Tahun Ajaran 2023/2024.
Biografi Penulis
Fira Sahara, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram
I Nyoman Suarta, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram
Fahruddin, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Fira Sahara, I Nyoman Suarta, Fahruddin
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawahÃÂ Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya diÃÂ Jurnal Mutiara Pendidikan.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).