IDENTIFIKASI PENGEMBANGAN PEMBIASAAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA TAMAN KANAK-KANAK DI KECAMATAN WANASABA

Penulis

Alfianti Arini G. , I Nyoman Suarta , Nurhasanah

DOI:

10.29303/jmp.v4i2.5661

Diterbitkan:

2024-06-25

Terbitan:

Vol 4 No 2 (2024): Juni

Articles

Cara Mengutip

Arini G., A., Suarta, I. N., & Nurhasanah. (2024). IDENTIFIKASI PENGEMBANGAN PEMBIASAAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA TAMAN KANAK-KANAK DI KECAMATAN WANASABA. Jurnal Mutiara Pendidikan, 4(2), 54–59. https://doi.org/10.29303/jmp.v4i2.5661

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk program, implementasi program dan evaluasi program pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat pada taman kanak-kanak di Kecamatan Wanasaba. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian survei. Populasi pada penelitian ini adalah 42 Taman Kanak-Kanak di Kecamatan Wanasaba, sedangkan Sampel pada penelitian ini sebanyak 15 Taman Kanak-kanak dengan metode pengambilan sampel menggunakan metode proportional random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data berupa data kuantitatif deskriptif dari hasil lembar kuesioner. Berdasarkan hasil analisis data, bentuk program PHBS yang dengan melakukan implementasi dan evaluasi program oleh sekolah terdiri dari mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir dengan hasil implementasi bernilai 66% dan evaluasi 57%. Membuang sampah pada tempatnya hasil implementasi bernilai 65% dan evaluasi 61%. Membersihkan lingkungan setelah belajar dan bermain hasil implementasi bernilai 64% dan evaluasi 56%. makan bersama makanan sehat dan bergizi seimbang hasil implementasi bernilai 67% dan evaluasi 61%. berkegiatan di luar kelas pada pagi hari hasil implementasi bernilai 64% dan evaluasi 53%. dengan kategori program dalam bentuk Standar Operasional Prosedur (SOP), bentuk program rutin, Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE). Hasil nilai akhir /rata-rata yaitu persentase implementasi 65% yang masih masih belum maksimal cukup sedangkan persentase evaluasi 57% yang berarti Implementasi dan Evaluasi program PHBS masih kurang pada Taman Kanak-Kanak di Kecamatan Wanasaba.

Biografi Penulis

Alfianti Arini G., Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram

I Nyoman Suarta, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram

Nurhasanah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Alfianti Arini G., I Nyoman Suarta, Nurhasanah

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Mutiara Pendidikan.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>