IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PERKEMBANGAN MORAL DAN AGAMA PADA ANAK USIA DINI DI RA NURUL QUR'AN AL-AZIZIYAH

Penulis

Baiq Nada Buahana

DOI:

10.29303/jmp.v4i2.7184

Diterbitkan:

2024-06-25

Terbitan:

Vol 4 No 2 (2024): Juni

Articles

Cara Mengutip

Buahana, B. N. (2024). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PERKEMBANGAN MORAL DAN AGAMA PADA ANAK USIA DINI DI RA NURUL QUR’AN AL-AZIZIYAH. Jurnal Mutiara Pendidikan, 4(2), 92–97. https://doi.org/10.29303/jmp.v4i2.7184

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Penelitian ini menjelaskan tentang pembelajaran perkembangan moral pada anak usia dini di RA Nurul Qur'an Al-Aziziyah, Mataram. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif yaitu dengan cara mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah 2 orang guru. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Miles & Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa RA Nurul Qur'an Al-Aziziyah memiliki rancangan pembelajaran (RPPH) yang digunakan dalam proses pembelajaran. Pembelajaran perkembangan moral ditonjolkan pada kegiatan mengaji. Implementasi pembelajaran mengaji yang dilaksanakan di sekolah mempunyai pengaruh  besar dalam perkembangan Nilai Moral anak usia dini dengan menunjukkan sikap sopan, patuh dan saling mengasihi.

Biografi Penulis

Baiq Nada Buahana, Universitas Mataram

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Baiq Nada Buahana

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Mutiara Pendidikan.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama