IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PERKEMBANGAN MORAL DAN AGAMA PADA ANAK USIA DINI DI RA NURUL QUR'AN AL-AZIZIYAH
DOI:
10.29303/jmp.v4i2.7184Diterbitkan:
2024-06-25Terbitan:
Vol 4 No 2 (2024): JuniArticles
Unduhan
Cara Mengutip
Unduhan
Metrik
Abstrak
Penelitian ini menjelaskan tentang pembelajaran perkembangan moral pada anak usia dini di RA Nurul Qur'an Al-Aziziyah, Mataram. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif yaitu dengan cara mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah 2 orang guru. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Miles & Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa RA Nurul Qur'an Al-Aziziyah memiliki rancangan pembelajaran (RPPH) yang digunakan dalam proses pembelajaran. Pembelajaran perkembangan moral ditonjolkan pada kegiatan mengaji. Implementasi pembelajaran mengaji yang dilaksanakan di sekolah mempunyai pengaruh besar dalam perkembangan Nilai Moral anak usia dini dengan menunjukkan sikap sopan, patuh dan saling mengasihi.
Biografi Penulis
Baiq Nada Buahana, Universitas Mataram
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Baiq Nada Buahana
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawahÃÂ Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya diÃÂ Jurnal Mutiara Pendidikan.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).