SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: URGENSI METODE PENGENALAN BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK USIA DINI DI LEMBAGA PAUD
DOI:
10.29303/jmp.v4i2.7188Diterbitkan:
2024-06-25Terbitan:
Vol 4 No 2 (2024): JuniArticles
Unduhan
Cara Mengutip
Unduhan
Metrik
Abstrak
Bahasa Inggris telah menjadi bahasa internasional yang digunakan di berbagai bidang khususnya pendidikan. Ironisnya, perhatian pemerintah Indonesia mengenai kurikulum bahasa Inggris di Pendidikan Anak Usia Dini dirasa masih kurang. Kurangnya perhatian pemerintah Indonesia terhadap kurikulum bahasa Inggris di PAUD merupakan sebuah isu penting yang perlu segera diatasi. Sejatinya, kemampuan berbahasa Inggris menjadi keahlian yang sangat penting untuk dimiliki sejak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana implementasi metode pengenalan Bahasa Inggris untuk anak usia dini di Lembaga PAUD. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) menggunakan alur PRISMA (Preferred Reporting Items for Systemic reviews and Meta-Analysis) yang dimulai dari identifikasi, penelusuran literatur, dan analisis. Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak sedikit lembaga PAUD yang sudah mengimplementasikan pembelajaran Bahasa Inggris di PAUD menggunakan berbagai metode yang menyenangkan untuk anak. Adapun beberapa metode pengenalan Bahasa Inggris yang digunakan ialah; Total Physical Respones (TPR), games atau permainan, storytelling atau bercerita, dan arts and crafts atau kegiatan seni. Dengan memberikan pengenalan terhadap Bahasa inggris, maka hal tersebut dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak, menumbuhkan rasa percaya diri, dan yang terpenting mempersiapkan anak untuk bersaing secara global.
Biografi Penulis
Aulia Dwi Amalina Wahab, Universitas Mataram
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Aulia Dwi Amalina Wahab, Baiq Nada Buahana, Filsa Era Sativa
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawahÃÂ Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya diÃÂ Jurnal Mutiara Pendidikan.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).