HUBUNGAN PERMAINAN SIRKUIT BINATANG DENGAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI

Penulis

Amalia Hasna , Tuti Hayati , Arif Nursihah

DOI:

10.29303/jmp.v4i2.7203

Diterbitkan:

2024-06-25

Terbitan:

Vol 4 No 2 (2024): Juni

Articles

Cara Mengutip

Hasna, A., Hayati, T., & Nursihah, A. (2024). HUBUNGAN PERMAINAN SIRKUIT BINATANG DENGAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI. Jurnal Mutiara Pendidikan, 4(2), 84–91. https://doi.org/10.29303/jmp.v4i2.7203

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara Aktivitas Permainan Sirkuit Binatang dengan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini di Kelompok B1 RA Nurul Amal Desa Cinunuk Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Dengan 24 anak sebagai responden, metode yang digunakan adalah korelasional dengan total sampling. Hasilnya menunjukkan permainan sirkuit binatang memiliki nilai rata-rata 79 dengan kategori baik dan kemampuan motorik kasar anak rata-rata 69 dengan kategori cukup. Hubungan antara aktivitas permainan sirkuit binatang dengan kemampuan motorik kasar anak usia dini dianalisis diperoleh r hitung sebesar 0,67 dengan kategori kuat. Hasil uji hipotesis diperoleh harga thitung = 5,607 > ttabel = 2,074. Analisis menegaskan hubungan positif signifikan antara keduanya, dengan kontribusi permainan terhadap kemampuan motorik kasar anak sebesar 44%, sementara faktor lain mempengaruhi 56%.

Biografi Penulis

Amalia Hasna, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Tuti Hayati, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Arif Nursihah, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Amalia Hasna, Tuti Hayati, Arif Nursihah

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Mutiara Pendidikan.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).