PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PLAYDOUGH TERHADAP PERKEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK MAJAPAHIT

Penulis

Sumiyati , M. A. Muazar Habibi , Fahruddin

DOI:

10.29303/jmp.v4i3.7904

Diterbitkan:

2024-10-29

Terbitan:

Vol 4 No 3 (2024): Oktober

Articles

Cara Mengutip

Sumiyati, Habibi, M. A. M., & Fahruddin. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PLAYDOUGH TERHADAP PERKEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK MAJAPAHIT. Jurnal Mutiara Pendidikan, 4(3), 135–139. https://doi.org/10.29303/jmp.v4i3.7904

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media playdough terhadap perkembangan kreativitas anak usia 4-5 tahun di TK Majapahit. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yaitu dengan desain onegroup-pretest-posttest design. Subjek penelitian sebanyak 6 orang anak usia 4-5 tahun, teknik pengumpulan data menggunakan langkah observasi dan dokumentasi. Teknik analisi data dalam penelitian ini menggunakan metode statistic non-parametrik dan uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa perkembangan kreativitas anak usia 4-5 tahun di TK Majapahit sebelum diberikan perlakuan (treatment) menggunakan media playdough diperoleh data pretest anak dengan skor rata-rata 45.31% yaitu perkembangan kreativitas anak masih di bawah 50% atau dikatakan masih kurang berkembang. Setelah diberikan perlakuan menggunakan media playdough diperoleh skor data posttest yaitu 77% yang artinya perkembangan kreativitas anak meningkat atau berada pada skor diatas 50% sehingga dapat dikatakan cukup berkembang. Hasil Asymp.Sig. (2-tailed) adalah 0.027 yang artinya <0.05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media playdough terhadap perkembangan kreativitas anak usia 4-5 tahun di TK Majapahit tahun 2023.

Biografi Penulis

Sumiyati, Universitas Mataram

M. A. Muazar Habibi, Universitas Mataram

Fahruddin, Universitas Mataram

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Sumiyati, M. A. Muazar Habibi, Fahruddin

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Mutiara Pendidikan.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama