PENGARUH AKTIVITAS MEMBATIK SEDERHANA DENGAN MEDIA TISU TERHADAP KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI
DOI:
10.29303/jmp.v4i3.7908Diterbitkan:
2024-10-29Terbitan:
Vol 4 No 3 (2024): OktoberArticles
Unduhan
Cara Mengutip
Unduhan
Metrik
Abstrak
Berdasarkan studi awal di kelompok B1 dan B2 RA Al-Ihsan Cibiru Hilir Kabupaten Bandung, diketahui bahwa beberapa anak belum mampu mengkoordinasikan mata dan tangan dengan baik contohnya dalam kegiatan melipat kertas dan aktivitas menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh aktivitas membatik sederhana dengan media tisu di kelompok B1 RA Al-Ihsan (2) Pengaruh aktivitas melipat kertas origami di kelompok B2 RA Al-Ihsan (3) Perbedaan pengaruh aktivitas membatik sederhana dengan media tisu dan aktivitas melipat kertas origami terhadap keterampilan motorik halus anak di kelompok B1 dan B2 RA Al-Ihsan. Metode yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan jumlah sampel masing-masing 10 anak. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: uji analisis data parsial pre-test post-test, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) keterampilan motorik halus pada kelompok eksperimen, diperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 67 nilai tersebut berada pada kategori cukup, dan nilai rata-rata post-test sebesar 79 nilai tersebut berada pada kategori baik. (2) keterampilan motorik halus pada kelompok kontrol, diperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 64 nilai tersebut berada pada kategori cukup, dan nilai rata-rata post-test sebesar 79 nilai tersebut berada pada kategori baik. (3) perbedaan: nilai rata-rata post-test kelompok eksperimen dan kontrol sama-sama mempunyai nilai sebesar 79, nilai tersebut berada pada kategori baik. jadi dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara aktivitas membatik sederhana dengan media tisu maupun aktivitas melipat kertas origami.
Biografi Penulis
Hesti Fauziah, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Hesti Fauziah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawahÃÂ Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya diÃÂ Jurnal Mutiara Pendidikan.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).