Strategi Branding Alumni PG PAUD Universitas Wahidiyah di Kota Kediri Jawa Timur

Penulis

Abdurrochman , Muslim Haidar , Nur Wachid

DOI:

10.29303/jmp.v5i1.8632

Diterbitkan:

2025-02-28

Terbitan:

Vol 5 No 1 (2025): Februari

Articles

Cara Mengutip

Abdurrochman, Haidar, M., & Wachid, N. (2025). Strategi Branding Alumni PG PAUD Universitas Wahidiyah di Kota Kediri Jawa Timur. Jurnal Mutiara Pendidikan, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.29303/jmp.v5i1.8632

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Strategi branding menciptakan identitas yang kuat dan membedakan alumni dari universitas lain di mata publik dan lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi branding yang dilakukan oleh alumni Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Universitas Wahidiyah di Kota Kediri, Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan 10 alumni yang sudah bekerja di lembaga masing-masing. Analisis data dilakukan menggunakan teknik Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alumni PG-PAUD Universitas Wahidiyah memiliki karakteristik khusus dalam branding pengelolaan pembelajaran, yaitu (1) pembelajaran didasarkan pada nilai-nilai agama Islam, (2) pendidikan karakter berbasis nilai agama merupakan aspek utama yang ditanamkan oleh alumni, dan (3) pengelolaan pembelajaran menggunakan literasi digital. Strategi branding ini menciptakan identitas yang kuat dan membedakan alumni dari universitas ini di mata publik dan lembaga pendidikan tempat mereka bekerja

Lisensi

Hak Cipta (c) 2025 Abdurrochman

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Mutiara Pendidikan.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).