Ekopedagogik dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Strategi untuk Mengembangkan Kesadaran Peduli Lingkungan

Penulis

Gilar Gandana , Elan , Dadan Nugraha , Mohd Khairezan Rahmat , Risbo Sianturi , Fauziah Syarifatul Huriyah , Rifki Ahmad Fauzi

DOI:

10.29303/jmp.v5i1.8633

Diterbitkan:

2025-02-28

Terbitan:

Vol 5 No 1 (2025): Februari

Articles

Cara Mengutip

Gandana, G., Elan, Nugraha, D., Rahmat, M. K., Sianturi, R., Huriyah, F. S., & Fauzi, R. A. (2025). Ekopedagogik dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Strategi untuk Mengembangkan Kesadaran Peduli Lingkungan. Jurnal Mutiara Pendidikan, 5(1), 9–15. https://doi.org/10.29303/jmp.v5i1.8633

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Ekopedagogik adalah pendekatan pendidikan yang bertujuan untuk mengembangkan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan sejak usia dini. Dalam konteks Pendidikan Anak Usia Dini, ekopedagogik menjadi strategi penting untuk membentuk sikap dan perilaku ramah lingkungan pada anak-anak. Artikel ini mengeksplorasi berbagai strategi ekopedagogik yang dapat diterapkan dalam PAUD untuk menumbuhkan kesadaran lingkungan. Strategi-strategi ini meliputi pengintegrasian materi lingkungan dalam kurikulum, pembelajaran berbasis proyek, dan aktivitas luar ruangan yang mendukung eksplorasi dan interaksi langsung dengan alam. Selain itu, peran pendidik dalam mencontohkan perilaku peduli lingkungan dan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung juga dibahas. Melalui pendekatan ekopedagogik, anak-anak diharapkan dapat mengembangkan pemahaman tentang pentingnya menjaga lingkungan, serta keterampilan untuk berkontribusi dalam pelestarian alam. Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi ekopedagogik dalam PAUD tidak hanya membangun kesadaran lingkungan sejak dini, tetapi juga berpotensi membentuk generasi yang lebih bertanggung jawab dan aktif dalam menghadapi tantangan lingkungan di masa depan.

Lisensi

Hak Cipta (c) 2025 Gilar Gandana

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Mutiara Pendidikan.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).