Stimulasi Perkembangan Anak Berbasis Inovasi Permainan Ber-HKI Prodi PG PAUD UNY

Authors

Joko Pamungkas , Amir Syamsudin , Harun R

DOI:

10.29303/jmp.v5i1.8638

Published:

2025-02-28

Issue:

Vol. 5 No. 1 (2025): Februari

Articles

Downloads

How to Cite

Pamungkas, J., Syamsudin, A., & Harun R. (2025). Stimulasi Perkembangan Anak Berbasis Inovasi Permainan Ber-HKI Prodi PG PAUD UNY. Jurnal Mutiara Pendidikan, 5(1), 524–537. https://doi.org/10.29303/jmp.v5i1.8638

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangangan yang menghasilkan inovasi dari permainan. Permainan tersebut kemuidan ber HKI prodi PG PAUD UNY. Inovasi ini merupakan pengembangan dari rekontruksi permainan terdahulu yang diperuntukkan untuk memberikan stimulasi perkembangan anak usia dini. Perekambangan anak usia dini yang dimaksudkan adalah perkembangan motoric, Bahasa, kognitif, dan social emosional. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang pendekatan dalam penelitian ini adalah pengembangan model Addie (Analysis, Design, Development, Implementasi dan evaluation) Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah anak usia dini.Penelitian ini telah melewati berbagai rievew dan uji implementasi terhadap anak usia dini. Inoavsi permainan berbasis HKI ini merupakan salah satu upaya stimulator yang dapat digunakan untuk mengembangkan perkembangan anak usia dini. Hasil penelitian ini adalah Nekeran Biliar, Kembang kuncup, Dam kewan, Gasbalter, Dampar hewan dan buah, Jeboitit, Bazel, dancing, dan bedhekan gawe garis. yang selanjutnya di HKIkan serta permainan tersebut dapat menstimulasi perkembangan kognitif, motoric, Bahasa dan social emosiaonal anak usia dini.

License

Copyright (c) 2025 Joko Pamungkas, Amir Syamsudin, Harun R

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Mutiara Pendidikan.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).