Hubungan Antara Aktivitas Mengecap Menggunakan Wortel dengan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini
DOI:
10.29303/jmp.v5i1.8669Diterbitkan:
2025-02-28Terbitan:
Vol 5 No 1 (2025): FebruariArticles
Unduhan
Cara Mengutip
Unduhan
Metrik
Abstrak
Berdasarkan hasil studi pendahuluan di kelompok B RA Al-Gozali Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung bahwa Aktivitas Mengecap Menggunakan Wortel ini adalah Aktivitas pembelajaran yang biasa dilaksanakan. Selama Aktivitas Mengecap Menggunakan Wortel anak-anak sangat antusias. Meskipun kemampuan motorik halus anak belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Aktivitas Mengecap Menggunakan Wortel di Kelompok B RA Al-Gozali Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung; 2) Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini di Kelompok B RA Al-Gozali Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung dan; 3) Hubungan Antara Aktivitas Mengecap Menggunakan Wortel dengan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini di Kelompok B RA Al-Gozali Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Dengan 10 anak sebagai responden, metode yang digunakan adalah korelasional dengan total sampling. Hasilnya menunjukkan aktivitas mengecap menggunakan wortel memiliki nilai rata-rata 80-100 dengan kategori sangat baik dan kemampuan motorik halus anak rata-rata 93 dengan kategori sangat baik. Hubungan antara aktivitas mengecap menggunakan wortel dengan kemampuan motorik halus anak usia dini dianalisis diperoleh harga thitung = 4,622 > ttabel = 2,306. Analisis menegaskan hubungan positif signifikan antara keduanya, dengan kontribusi aktivitas mengecap menggunakan wortel terhadap kemampuan motorik halus anak sebesar 39%, sementara faktor lain mempengaruhi 61%.
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Ayu Amalia, Heri Hidayat, Nano Nurdiansah

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawahÃÂ Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya diÃÂ Jurnal Mutiara Pendidikan.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).