PERSIAPAN MENGHADAPI PERKULIAHAN DARING DI PERUGURAN TINGGI DENGAN APLIKASI MICROSOFT TEAMS BAGI PARA LULUSAN SLTA

Erwin S. Panjaitan, Murdiaty Murdiaty, Purnaya Purnaya

Abstract

Pandemi COVID-19 adalah krisis kesehatan yang pertama dan terutama di dunia. Seluruh segmen kehidupan manusia di bumi terganggu, termasuk segmen pendidikan. Aktivitas yang melibatkan kumpulan orang-orang kini mulai dibatasi seperti bersekolah, bekerja, beribadah dan lain sebagainya. Pemerintah Indonesia sudah mengimbau untuk bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah untuk menekan angka pasien yang terpapar COVID-19. Dampak akibat wabah covid-19, tidak hanya pada pendidikan di tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), dan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA), tetapi juga perguruan tinggi. Seluruh jenjang pendidikan dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi baik yang berada dibawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI semuanya merasakan dampak negatif karena pelajar, siswa dan mahasiswa dipaksa belajar dari rumah atau online atau daring karena pembelajaran tatap muka ditiadakan untuk mencegah penularan COVID-19. Fokus pada kegiatan pengabdian ini adalah pada masyarakat khususnya para lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) dalam mempersiapkan diri untuk memasuki dunia pembelajaran pada perguruan tinggi. Tidak semua lulusan SLTA pernah menggunakan aplikasi pembelajaran daring khususnya Microsoft Teams, bahkan banyak lulusan SLTA tersebut yang sama sekali belum pernah mengenal dan menggunakan Microsoft Teams. Jika tidak dibekali dengan pengetahuan dan pengenalan tentang fitur-fitur pada Microsoft Teams maka para lulusan SLTA tersebut akan kesulitan dalam mengikuti perkuliahan yang dilaksanakan secara daring pada perguruan tinggi yang menggunakan Microsoft Teams dalam perkuliahan daring. Oleh karena itu, fokus kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pelatihan khususnya kepada lulusan SLTA tentang penggunaan aplikasi Microsoft Teams dalam perkuliahan daring yang diselenggarakan secara online atau daring.

Full Text:

PDF

References

Koenigsbauer, K. (2016). Memperkenalkan Microsoft Teams, ruang kerja berbasis obrolan di Office 365. https://www.microsoft.com/, diakses tanggal 22 September 2020.

Purwanto, A., Pramono, R., Masduki, A., Santoso, P.B., Wijayanti, L.M., Hyun, C.C., & Putri, R.S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar, Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12.

Wahyu, A. F. D. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan. 2(1), 55-61.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.