PELATIHAN PENGELOLAAN KEUANGAN PADA UMKM LAUNDRY MEDAN

Anita Tarihoran, Agustina Agustina, Andreani Caroline Barus

Abstract

Kegiatan pengabdian ini ditujukan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman pada pemilik Usaha Mikro, Kecil dan Menengah laundry dalam mengelola Keuangan mereka dengan baik. Di tengah Pandemi COVID-19, UMKM menjadi salah satu tombak penggerakan perekoenomian negara. UMKM diharapkan dapat berkenbang dan tumbuh dalam menyokong perekoenomian Indonesia. Banyak UMKM masih kurang memahami pentingnya pengelolaan Keuangan. Mereka cenderung hanya fokus pada aktivitas operasional rutin di UMKM mereka. Dengan dimilikinya pemahaman Keuangan, UMKM diharapkan memiliki data Keuangan dan inforamsi Keuangan yang jelas yang kemudian dapat mereka gunakan dalam rencana pengembangan usaha mereka. Hasil Pengabdian menunjukkan bahwa setelah diberikannya pemahaman akan pentingnya pengelolaan Keuangan, terjadi peningkatan kemampuan dan minat dari pengelola UMKM untuk melakukan pengelolaan Keuangan dengan baik dan harapan untuk dapat tumbuh berkembangan dengan informasi Keuangan yang lengkap dan akurat.

Full Text:

PDF

References

Agustina, Y., Setianingsih, S., & Santoso, Y. D. (2019). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Bagi Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah Bidang Usaha Dagang pada UMKM Binaan Pusat Inkubasi Bisnis Syariah Majelis Ulama Indonesia. Journal Pengabdian Masyarakat Intervensi Kominitas. 1(1), 1-13.

Andilala, A. (2020). Upaya Pemerintah Memaksimalkan Peran UMKM di Masa Pandemi COVID-19. (kalbar.antaranews.com) Retrieved from https://kalbar.antaranews.com/berita/435942/upaya-pemerintah-memaksimalkan-peran-umkm-di-masa-pandemi-covid-19#

Ayunda, A. (2020). 10 Alasan Betapa Pentingnya Pembukuan bagi UMKM di Indonesia. Retrieved from Accurate.Id: https://accurate.id/akuntansi/pentingnya-pembukuan-bagi-umkm-di-indonesia/

Badan Pusat Statistik (BPS). (2019). Analisis Hasi SE2016 Lanjutan, "Potensi Pengingkatan Kinerja Usaha Mikro Kecil".

Ikatan Akuntan Indonesia. (2018). Standar Akuntansi Entitas Mikro Kecil Menengah. Jakarta: Dewan Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntansi Indonesia.

Isnawan, G. (2012). Akuntansi Praktis untuk UMKM. Jakarta: Laska Aksara.

Nurdwijayanti, N., & Sulastiningsih, S. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Implementasi Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) pada UMKM di Kelurahan Suryodiningratan, Mantrijeron, Yogyakarta. STIE Widya Wiwaha.

Rawun, Y., & Tumilaar, O. N. (2019). Penerapan Standar Akuntansi Keuangan EMKM Dalam Penyusunan Laporan Keuangan pada UMKM (Suatu Studi UMKM Pesisir Di Kecamatan Malalayang Manado). Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Bisnis. 12(1), 57-66.

Tambunan, T. (2009). UMKM di Indonesia. Bogor: Ghalia Indonesia. Retrieved from albar.Antaranews.Com.: https://kalbar.antaranews.com/berita/435942/upaya-pemerintah-memaksimalkan-peran-umkm-di-masa-pandemi-covid-19#

Refbacks

  • There are currently no refbacks.