Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas VII SMP Yapis Timika

A. Rasul

Abstract

The problem in learning mathematics at SMP Yapis Timika is that students' motivation and mathematics learning outcomes are low. Furthermore, the teacher never uses the cooperative learning model to make students less enthusiastic in learning. Therefore the aim of this study was to determine the effect of the make a match cooperative learning model on the motivation and learning outcomes of mathematics in class VIIA students of SMP Yapis Timika in academic year 2019/2020. This type of research is experimental research. The experimental design used was a quasi-experimental design with a posttest-only control design. The sampling technique used was purposive sampling where in class VII A was obtained (21 students) as the experimental class and VII B  (20- students) as the control class. Based on the results of data analysis, it was found that the average value of students' motivation to learn mathematics in the experimental class with a score of 61.03 in the good category, while the control class got an average score of 57.07 which was categorized quite good. And the experimental class student results data obtained an average score of 81.71 with a success rate of 80.64%. While the control class got an average score of 73.56 with a success rate of 53.33%. And the t test on student learning outcomes obtained tcount> ttable or 3.08> 2.01. The results of this study can be concluded, there is an effect of the make a match cooperative learning model on the motivation and learning outcomes of grade VII students of SMP Yapis Timika in academic year 2019/2020

 

Abstrak

Permasalahan dalam pembelajaran matematika di SMP Yapis Timika bahwa motivasi siswa dan hasil belajar matematika siswa rendah. Lebih lanjut, guru tidak pernah menggunakan model pembelajaran kooperatif membuat siswa kurang antusias dalam belajar. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a Match terhadap motivasi dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VII SMP Yapis Timika tahun akademik 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain kontrol posttest-only. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dimana kelas VII A (21 siswa) sebagai kelas eksperimen dan VIIB (20- siswa) sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan nilai rata-rata motivasi belajar matematika siswa kelas eksperimen dengan nilai 61,03 dengan kategori baik, sedangkan kelas kontrol mendapat nilai rata-rata 57,07 dengan kategori cukup baik. Kelas eksperimen didapatkan skor rata-rata 81,71 dengan angka keberhasilan 80,64%. Sedangkan mendapat skor rata-rata 73,56 dengan angka keberhasilan 53,33%. Dan uji t tentang hasil belajar siswa didapat thitung> ttabel atau 3,08> 2,01. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a Match terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Yapis Timika tahun akademik 2019/2020

 

Keywords

Cooperative Learning; Make A Match; Motivation; Student Mathematics Learning Outcome

Full Text:

PDF

References

Huda, M. (2011a). Kooperative Learning (Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Huda, M. (2015b). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni, (2014). Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Kurnia, R. (2013). Keefektifan model pembelajaran kooperatif tipemake a match terhadap peningkatan hasil belajar matematika pada materi bangun datar siswa kelas III SD Negeri Randugunting 3 Kota Tegal. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Lestari, K. (2014). Implementasi Brain-Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Kemampuan Berpikir Kritis Serta Motivasi Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika. FKIP UNSIKA. ISSN 2338-2996.

Maisari, dkk. (2013). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap pemahaman konsep matematis (Studi pada siswa kelas VII semester ganjil SMPN 5 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013). Jurnal pendidikan matematika. Universitas Lampung.

Purnami, (2013). Peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran produktif administrasi perkantoran standar kopetensi mengelola dana kecil kelas XI APK 2 SMK Negeri 1 Surabaya. Jurnal dinas pendidikan kota Surabaya. ISSN: 2337-3253.

Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Susanti, S. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Materi Pokok Peluang Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MA Al-Umariyah Montong Panjak Praya Tengah. Skripsi. IKIP Mataram.

Wiguna, dkk. (2010). Pengaruh model pemebelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di gugus III kecamatan Rendang. Jurnal mimbar PGSD. Universitas Pendidikan Ganesha.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.