Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Mataram Tahun Ajaran 2024/2025

Authors

Nurhaolida , Amrullah , Ketut Wartana , Ilhami Sukmaningsih

Published:

2025-10-30

Issue:

Vol. 1 No. 2 (2025): Oktober

Keywords:

Problem Based Learning, hasil belajar, matematika, peluang

Articles

Downloads

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi peluang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-1 SMA Negeri 2 Mataram Tahun Ajaran 2024/2025 yang berjumlah 39 orang. Data diperoleh melalui tes hasil belajar dan dianalisis secara kuantitatif dengan menghitung rata-rata dan persentase ketuntasan klasikal berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 80. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada setiap siklus. Nilai rata-rata pra-siklus sebesar 75,13 dengan ketuntasan 43,59%, meningkat menjadi 81,82 pada siklus I dengan ketuntasan 71,79%, dan mencapai 89,15 pada siklus II dengan ketuntasan 92,31%. Peningkatan tersebut menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning mampu menciptakan pembelajaran yang lebih aktif, kontekstual, dan bermakna bagi siswa, sehingga efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada materi peluang.

References

Arikunto, S. (2015). Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Eka, F., Sugiatno, T, A. Y., Siregar, N., & Meldi, N. F. (2025). Pentingnya Asesmen Diagnostik Kognitif dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 38-44.

Ferrary, C. H., Kurniawan, A., Safitri, R. Y., Hikmah, U. N., Krismawati, B. M., Rahmawati, K., & Darmawan, I. (2024). Urgensi Memahami Karakateristik Peserta Didik dalam Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 3985-3997.

Firdausy, F. U., Rahmawati, A., Rosyada, F., & Suryo, K. (2025). Model Individual dan Interaksi Sosial Dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 83-91.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan R1. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. DKI Jakarta: Penulis.

Krismanto, A. (2013). Beberapa Teknik, Model, dan Strategi dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Guru (PPPG) Matematika.

Mursidah, Rosjanuardi, R., & Juandi, D. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pemecahan Masalah Matematika: Systematic Literatur Review. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1421-1430.

Nurkomaria, V., Lusiana, & Zainab. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Peluang. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 45-53.

Oktavia, R. K., & Hidayanti, F. H. (2022). Dampak Persepsi Siswa Terhadap Pelajaran Matematika pada Jenjang SMA. Cendekia, 27-37.

Panjaitan, W. A., Simarmata, E. J., Sipayung, R., & Silaban, P. J. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 1350-1357.

Putri, A., Pohan, I. R., & Wandini, R. R. (2024). Pengaruh Kretivitas dan Pemikiran Alternatif sebagai Teori Dasar Pemecahan Masalah dalam Matematika. Jurnal Pendidikan Tambusai, 583-588.

Putria, S., & T, A. Y. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. J-PiMat, 1551-1562.

Rafianti, I., Trigunadi, Nurussalamah, N. A., Wulandari, A., & Hairoh. (2025). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik SMA. Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, 1-8.

Rosalia, D. M., Lestariningsih, & Kusumawati, I. B. (2022). Pengaruh Pendekatan PMRI Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 177-187.

Sofiyah, K., Nasution, N. E., Amelia, A., & Hutagalung, L. A. (2025). Pengaruh Kesadaran Siswa Terhadap Pentingnya Matematika dalam Karie di Era Digital dan Ekonomi Berbasis Pengetahuan. Aliansi: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Sosial Humaniora, 111-118.

Sudijono, A. (2004). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sukendra, K. I. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem solving dengan Aplikasi Zoom dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Pengantar Dasar Matematika. Widyadari, 79-90.

Yuliana. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Masalah Kontekstual Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Malinau. Action: Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah, 157-165.

Author Biographies

Nurhaolida, Univresitas Mataram

Amrullah, Universitas Mataram

Ketut Wartana, SMA Negeri 2 Mataram

Ilhami Sukmaningsih, SMA Negeri 2 Mataram

License

Copyright (c) 2025 Nurhaolida, Amrullah, Ketut Wartana, Ilhami Sukmaningsih

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Authors who publish with Jurnal Profesi Guru Indonesia (JPGI) agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Profesi Guru Indonesia (JPGI).
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).