Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran PBL dengan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi
Published:
2025-10-30Issue:
Vol. 1 No. 2 (2025): OktoberKeywords:
classroom action research, differentiated instruction, learning outcomes, mathematics, problem-based learning.Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan strategi pembelajaran yang menggabungkan model Problem-Based Learning (PBL) dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi. Pendekatan ini dirancang untuk mengakomodasi keberagaman gaya belajar siswa serta mendorong keterampilan berpikir kritis melalui penyelesaian masalah kontekstual. Subjek penelitian adalah 34 siswa kelas XI-9 SMA Negeri 3 Mataram. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus menggunakan pendekatan lesson study yang melibatkan kerja sama antara guru matematika, mahasiswa PPG calon guru, dan dosen pembimbing lapangan. Setiap siklus terdiri atas tiga tahap utama: perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan ketuntasan hasil belajar secara klasikal dari 61,7% pada siklus I menjadi 88,2% pada siklus II. Peningkatan ini mengindikasikan bahwa penerapan PBL berbasis pembelajaran berdiferensiasi efektif dalam memperbaiki capaian hasil belajar matematika materi sudut antara dua tali busur dan memberikan ruang bagi siswa untuk berkembang sesuai dengan potensi masing-masing.
References
Abidin, A. M. (2017). Kreativitas guru menggunakan model pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 11(2), 225–238. https://doi.org/10.30863/didaktika.v11i2.168
Aprina, E. A., Fatmawati, E., & Suhardi, A. (2024). Penerapan model problem based learning untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis pada muatan IPA sekolah dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 981–986. https://jurnaldidaktika.org
Asrial, Syahrial, Maison, Kurniawan, D.A., & Piyana, S.O. (2020). Ethnoconstructivism E-Module to Improve Perception, Interest, And Motivation of Students in Class V Elementary School. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 30-41,DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i1.19222
Fitriyah, F., & Bisri, M. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Keragaman Dan Keunikan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(2), 67–73. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n2.p67-73
Gulo, A. (2022). Penerapan Model Discovery LearningTerhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Ekosistem. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 307-313, DOI: https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.54
Iskandar, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Report Text Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas IX.A SMP Negeri 1 Sape Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 123– 140. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.48
Kusumawati, F., & Adawiyah, R. (2019). Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Hayati, 5(1), 31–38. https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/JPH/article/download/620/311
Lutfiah, W., Anisa, & Hambali, H. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Biologi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2092 -2098, DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1090.
Munawir, & Muhidin, N. M. (2025). Menjadi guru profesional di abad 21: Keterampilan dalam literasi digital. Jurnal Pendidikan, 34(2), 145–156. https://doi.org/10.32585/jp.v34i2.6685
Setiawan, T., Sumilat, J. M., Paruntu, N. M., & Monigir, N. N. (2022). Analisis penerapan model pembelajaran project based learning dan problem based learning pada peserta didik sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9736–9744. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4161
Smale-Jacobse, A. E., Meijer, A., Helms-Lorenz, M., & Maulana, R. (2019). Differentiated instruction in secondary education: A systematic review of research evidence. Frontiers in psychology, 10, 2366. https://psycnet.apa.org/doi/10.3389/fpsyg.2019.02366
Sopianti, D. ( 2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas XI Di SMAN 5 Garut. KANAYAGAN – Journal of Music Education. 1(1), 1-8. https://ejournal.upi.edu/index.php/kanayagan/article/view/50950/pdf
Sumarni(2023). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran BerbasisMasalah pada Materi Ekosistem pada Siswa Kelas X Farmasi I SMK Muhammadiyah 5 Baba. Jurnal Riset Pendidikan dan Pengajaran, 2(1), 250-262,DOI: http://dx.doi.org/10.55047/jrpp.v2i1.403
Wakano, H., Tamaela, K., Namakule, U., Selehulano, K., & Sopratu, P. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based LearningUntuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Materi Ruang Lingkup Biologi di SMA Negeri 51 Maluku Tengah. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(4), 468–475, https://online-journal.unja.ac.id/biodik/article/view/10965/10341
Widyawati, R., & Rachmadyanti, P. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi IPS di Sekolah Dasar. Jpgsd, 11(2), 365–379. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/52775
Author Biographies
Baiq Winda Suci Ramdani, Universitas Mataram
Nurmalasari Nurmalasari, SMA Negeri 3 Mataram
Arjudin Arjudin, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2025 Baiq Winda Suci Ramdani, Nurmalasari Nurmalasari, Arjudin Arjudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Profesi Guru Indonesia (JPGI) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Profesi Guru Indonesia (JPGI).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
