Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas 7C SMPN 2 Mataram Tahun Ajaran 2024/2025
Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas 7C SMPN 2 Mataram Tahun Ajaran 2024/2025
Published:
2025-10-30Issue:
Vol. 1 No. 2 (2025): OktoberAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dengan pendekatan kontekstual. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas 7C SMPN 2 Mataram tahun ajaran 2024/2025 sebanyak 43 peserta didik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik secara bertahap. Rata-rata nilai hasil belajar peserta didik meningkat dari 68,4 pada prasiklus menjadi 76,2 pada Siklus I, 84,8 pada Siklus II, dan 90,9 pada Siklus III. Persentase ketuntasan klasikal juga meningkat dari 31,8% pada tahap prasiklus menjadi 88,6% pada siklus terakhir. Hasil ini menunjukkan bahwa kombinasi model Group Investigation dengan pendekatan kontekstual mampu mendorong keterlibatan aktif peserta didik, meningkatkan pemahaman konsep matematika, serta memperbaiki kualitas proses pembelajaran. Dengan demikian, model pembelajaran ini efektif diterapkan dalam upaya peningkatan hasil belajar matematika peserta didik.
References
Arif, S., & Oktafiana, S. (2023). Penelitian tindakan kelas. Mitra Ilmu. http://repository.iainmadura.ac.id/1238/
Juanda, A. (2016). Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Research). Deepublish. https://repository.syekhnurjati.ac.id/3027/
Kurniawati, I., Hayati, L., Hikmah, N., & Sridana, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(4), 590–596. https://doi.org/10.29303/griya.v1i4.120
Kusumawati, E. (2016). Implementasi praktik pengalaman lapangan berbasis lesson study mahasiswa pendidikan matematika Fkip Unlam. Vidya Karya, 31(2). http://dx.doi.org/10.20527/jvk.v31i2.3991
Lestari, W. P., Ningsih, E. F., Sugianto, R., & Lestari, A. S. B. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(1), 28–33. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i1.155
Mardhatillah, O., & Surjanti, J. (2023). Peningkatan kompetensi pedagogik dan profesionalitas guru di Indonesia melalui pendidikan profesi guru (PPG). Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 15(1), 102–111. https://doi.org/10.23887/jjpe.v15i1.65200
Sari, F., Fadiyah, F., & Heriyanti, A. (2023). Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMPN 7 Sinjai. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 2, 23–31. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v2i0.1838
Septiani, D. H., & Widiyanto, W. (2021). Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan, Lingkungan Keluarga, dan Kesejahteraan terhadap Kesiapan Menjadi Guru. Economic Education Analysis Journal, 10(1), 130–144. https://doi.org/10.15294/eeaj.v10i1.44663
Setiawan, E., Jusniani, N., Komala, E., & Monariska, E. (2022). Pengaruh Pembelajaran Group Investigation dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Prisma, 11(1), 140–153. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2087
Tusdia, H., & Rosyana, T. (2021). Penerapan Pendekatan Kontekstual Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Kelas VII Pada Materi Aritmetika Sosial. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(5), 1347–1356. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.p%25p
Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode penelitian tindakan kelas (PTK): Panduan praktis untuk guru dan mahasiswa di institusi pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821
Wirdayat, S. R., Imamuddin, M., & Kamal, M. (2019). Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) pada Siswa Kelas VII SMP N 3 Tigo Nagari Tahun Pelajaran 2018/2019. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 165–170. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v2i2.7346
Wulanndari, E., Sutikyanto, S., & Mujiyanto, M. (2024). Optimalisasi Praktik Pengalaman Lapangan dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Calon Guru. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(1), 98–104. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6582
Zayyin, A. (2017). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 11–20. https://doi.org/10.30738/.v5i1.935
Author Biographies
Miftahul Sururil Alan, Universitas Mataram
Junaidi, Universitas Mataram
Maksud, SMPN 2 Mataram
License
Copyright (c) 2025 Miftahul Sururil Alan, Junaidi, Maksud

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Profesi Guru Indonesia (JPGI) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Profesi Guru Indonesia (JPGI).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
