Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa di Kelas IV SDN 28 Cakranegara

Authors

Padilla Yasinta , Husniati Husniati , Mega Purnama Dewi

Published:

2025-04-25

Issue:

Vol. 1 No. 1 (2025): April

Keywords:

Team Game Tournament , Kreatifitas Siswa

Articles

Downloads

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa di kelas IV melalui penerapan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dengan fokus pada peningkatan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan lembar observasi, sedangkan analisis data menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada keaktifan belajar siswa pada setiap siklus, yaitu dari 58% pada siklus 1 menjadi 80% pada siklus 2. Peningkatan ini mengindikasikan bahwa TGT efektif dalam merangsang siswa untuk berpikir kritis, berkomunikasi, dan bekerja sama dalam menyelesaikan masalah. Keberhasilan penelitian ini dapat dikaitkan dengan kemampuan guru dalam membimbing siswa secara efektif dan menciptakan suasana belajar yang kondusif. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) dapat menjadi alternatif yang efektif bagi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan pencapaian tujuan pembelajaran yang lebih optimal.

References

Anggraeni, P., & Akbar, A. (2018). Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dan Proses Pembelajaran. Jurnal Pesona Dasar, 6(2), 55–65. https://doi.org/10.24815/pear.v6i2.12197

Anggraini, P. D. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299

Basri, H. (2018). Kemampuan Kognitif Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Ilmu Sosial Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(1), 1–9. https://doi.org/10.17509/jpp.v18i1.11054

Eman Nataliano Busa. (2023). Faktor Yang Mempengaruhi Kurangnya Keaktifan Peserta Didik Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Kelas. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(2), 114–122. https://doi.org/10.55606/inovasi.v2i2.764

Fajarwati, I. (2020). Problem Based Learning (PBL) to Improve Critical Thinking Skills. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 3(3), 2238–2243. https://jurnal.uns.ac.id/shes

Fitriyani, D. M., Eko, S., Widoyoko, P., & Yansaputra, G. (2021). Penerapan Media Audio Visual pada Tema 1 Kelas 4 sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keaktifan Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 2746–1211.

Junaedi, I. (2019). Proses pembelajaran yang efektif. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 3(2), 19–25.

Maradona. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi keaktifan belajar siswa kelas IV B SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 17, 621.

Nisa, M. M., Efi, M. F., & Laela, S. (2021). Penerapan Model PBL Berbantu Media Video Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Hasil PTK PPG FKIP, 667–673. https://ppg.ump.ac.id/wp-content/uploads/2022/08/C26marchamatunn.pdf

Pamungkas, A. D., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Pada Siswa Kelas 4 Sd. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 287–293. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i1.268

Perdana, S. A. S. (2015). Penggunaan Metode Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 73–78.

Pristiwanti, D. B. B. S. H. R. S. D. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 7911–7915. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305

Putri, R. Y. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Daerah Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Setiyoningsih, N. U. K. W. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Gambar Kelas I Amanah SD Muhammadiyah Kleco 2 TA 2022/2023. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2), 308–321.

Author Biographies

Padilla Yasinta, Universitas Mataram

Husniati Husniati, Universitas Mataram

Mega Purnama Dewi, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2025 Padilla Yasinta, Husniati Husniati, Mega Purnama Dewi

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Authors who publish with Jurnal Profesi Guru Indonesia (JPGI) agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Profesi Guru Indonesia (JPGI).
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).