Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 3 Pada Mata Pelajaran PPKN Di SDN 6 Ampenan Melalui Penggunaan Media Wordwall Tahun Ajaran 2023/2024

Authors

Sahrul Hadi Gunawan , Nur Rahmah Suryani , Syaiful Musaddat

Published:

2025-04-25

Issue:

Vol. 1 No. 1 (2025): April

Keywords:

Media pembelajaran, Wordwall, Motivasi belajar

Articles

Downloads

Abstract

Penelitiaan ini bertujuan mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa kelas 3 pada mata pelajaran PPKN di SDN 6 ampenan melalu penggunaan media wordwall tahun ajaran 2023/2024. Peneltian ini merupakan penelitian tindakan kelas dan teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi. Populasi dari penelitian ini  adalah siswa kelas 3 SDN 6 Ampenan dengan jumlah 27 siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada peningkatan terhadap motivasi siswa sebesar 88% dari yang awalnya 20%. Artinya terdapat peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PPKN setelah menggunakan media wordwall.

References

Akbar Dewa Pamungkas. (2023). Pengaruh penggunaan media pembelajaran Word Wall terhadap motivasi belajar IPS. JIPSINDO: Jurnal pendidikan ilmu pengetahuan bahasa Indonesia, Vol.10. No.01. pp.67-78, DOI: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i1.

Amaliya Hasanah. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Minat Belajar Sejarah Peserta Didik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 5 Nomor 5 Oktober 2023 Halaman 1913 – 1924.

Andini Ayu. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Periodik Unsur. Jakarta.

Andjarwati, T. (2015). Motivasi dari sudut pandang teori hirarki kebutuhan Maslow, teori dua faktor Herzberg, Teori X Y Mc Gregor, dan teori motivasi prestasi Mc Clelland. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Management, 1(1), 45-54. DOI: 10.30996/jmm17.v2i01.422.

Arikunto Suharsimi. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta :Bumi Aksara, 2017.

Ayuni, L. K., Suryani, N. R., & Tahir, M. (2024). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA dengan Metode Pembelajaran Edutainment di Kelas V SDN 6 Ampenan Tahun Pelajaran 2023/2024. Jurnal el-Huda, 15(01), 1-8.

Azhar Khairudin. (2016). Perbandingan hasil belajar siswa menggunakan media Google earth dan media konvensional. Jurnal Pendidikan Geografi.

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1).

Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan penelitian tindakan kelas. Abdimas Unwahas, 4(1), 14-25.

Gusrianti, G. (2021). PENERAPAN MEDIA SLIDE UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS V. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 2(2), 278-286.

Magdalena, I., Fauziah, S., Sari, P. W., & Berliana, N. (2020). Analisis Faktor Siswa Tidak Memperhatikan Penjelasan Guru. NUSANTARA, 2(2), 283-295.

Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (2020). Pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar negri bojong 3 pinang.

Mariskhantari, M., Suryani, N. R., & Tahir, M. (2023). Peningkatan Kemampuan Membaca Puisi, Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Dan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN 6 Ampenan Tahun 2022/2023. Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia, 3(2), 39-49.

Melawati, M., Susanti, Y., & Suwirta, U. (2024). Perbedaan Hasil Belajar Peserta Didik Yang Menggunakan Media Pembelajaran Wordwall dan Media Pembelajaran Powerpoint Pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Kelas X Akuntansi di SMK PGRI Cikoneng. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 5(2).

Palittin, I. D. (2019). Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 101-109. DOI: 10.31942/mgs.

Pradani, T. G. (2022). Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(11), 806-811.

Pranata, T. P. (2018). Studi Tentang Strategi Peningkatan Minat Belajar Siswa Tehadap Pelajaran Ppkn Di Smk Muhammdiah Delanggu. Prosiding Seminar Nasional PPKn 2018 “Seminar Nasional Penguatan Nilai-Nilai Kebangsaan Melalui Pendidikan Kewarganegaraan Persekolahan dan Kemasyarakatan” Surakarta.

Ridho, M. (2020). Teori motivasi mcclelland dan implikasinya dalam pembelajaran pai. Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 1-16. DOI: 10.36088/palapa.v8i1.673

Setyorini, D., Suneki, S., Prayitno, M., & Prasetiawati, C. (2023). Meningkatkan Minat Belajar Dengan Menggunakan Media Wordwall Kelas 4 di Sekolah Dasar. Jurnal Sinektik, 6(1), 25-31.

Suryani, N. R., (2016) Penerapan Metode Question Student Have (Qsh) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Va Sdn 1 Perampuan Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Skripsi Universitas Mataram.

Yuliantika, S. (2017). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi disiplin belajar siswa kelas X, XI, dan XII di SMA Bhakti yasa Singaraja tahun pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(1), 35-44.

Yuniarti, A., Titin, T., Safarini, F., Rahmadia, I., & Putri, S. (2023). Media Konvensional Dan Media Digital Dalam Pembelajaran. JUTECH: Journal Education and Technology, 4(2), 84-95.

Author Biographies

Sahrul Hadi Gunawan, Universitas Mataram

Nur Rahmah Suryani, Universitas Mataram

Syaiful Musaddat, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2025 Sahrul Hadi Gunawan, Nur Rahmah Suryani, Syaiful Musaddat

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Authors who publish with Jurnal Profesi Guru Indonesia (JPGI) agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Profesi Guru Indonesia (JPGI).
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).