Pengaruh Organizational Citizenship Behavior (OCB) Terhadap Mutu Pendidikan Sekolah Dasar di Kecamatan Praya Barat
Published:
2025-04-25Issue:
Vol. 1 No. 1 (2025): AprilKeywords:
Mutu Pendidikan, Organizational Citizenship BehaviorAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Organizational Citizenship Behavior (OCB) terhadap mutu pendidikan sekolah dasar di Kecamatan Praya Barat. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode asosiatif. Sampel terdiri dari 195 guru yang dipilih secara simple random sampling dari populasi sebanyak 379 guru. Instrumen penelitian berupa kuesioner skala Likert lima tingkat yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis menggunakan regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS 25. Hasil analisis menunjukkan bahwa OCB berpengaruh signifikan terhadap mutu pendidikan dengan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,347 dan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05). Persamaan regresi yang diperoleh adalah Y = 0,973 + 0,499X, yang menunjukkan bahwa peningkatan OCB sebesar satu satuan dapat meningkatkan mutu pendidikan sebesar 0,499 satuan. Dimensi OCB seperti conscientiousness, altruism, civic virtue, sportsmanship, dan courtesy terbukti berkontribusi positif terhadap mutu pendidikan. Temuan ini menggaris bawahi pentingnya pengembangan OCB dalam strategi peningkatan mutu pendidikan melalui penguatan dimensi OCB seperti conscientiousness, altruism, civic virtue, sportsmanship, dan courtesy di lembaga pendidikan dasar.
References
Anwar, A., & Santosa, B. (2014). Pengaruh Variabel Kepuasan Kerja, Organizational Citizenship Behavior (OCB), Dan Trust In Leader Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Ekonomi, 19.
Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, And Evaluating Quantitative And Qualitative Research. Pearson Education.
Fiftyana, B. S., & Sawitri, D. R. (2020). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan organizational citizenship behavior (OCB) pada guru sekolah dasar (SD) negeri di Kecamatan Banyumanik Kota Semarang. Jurnal Empati, 7(1), 397–405.
Gujarati, D. N., & Porter, D. C. (2020). Basic Econometrics. McGraw-Hill Education.
Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2022). A Primer On Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). SAGE Publications.
Harding, D., Kadiyono, A. L., & Talitha, R. (2020). Organizational Citizenship Behaviour Untuk Mewujudkan Pendidikan Berkualitas Di Sekolah. Journal of Psychological Science and Profession, 4(1), 65–72.
Jalismen, M. (2015). Pengaruh budaya organisasi dan etika terhadap organizational citizenship behavior (OCB) guru SMA Negeri di Sipora Kabupaten Kepulauan Mentawai. Jurnal Manajemen Pendidikan UNJ, 6(1), 138292.
Jufrizen, J., & Hamdani, S. (2023). Pengaruh Keadilan Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai: Peran Mediasi Organizational Citizenship Behavior. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 6(2), 1256–1274.
Kline, R. B. (2021). Principles And Practice Of Structural Equation Modeling (5th ed.). Guilford Press.
Manafe, H. A., Yasinto, Y., & Djonu, J. H. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Komitmen Organisasional, OCB (Organizational Citizenship Behaviour), Dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS), 4(1).
Najih, S., & Mansyur, A. (2022). Organizational Citizenship Behavior (OCB): Efek Budaya Organisasi dan Work-Family Conflict. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 5(1), 347–354.
Polit, D. F., & Beck, C. T. (2022). Nursing Research: Generating And Assessing Evidence For Nursing Practice (11th ed.). Wolters Kluwer.
Prabowo, A. (2024). Pengaruh Budaya Organisasi, Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasional Terhadap Organizational Citizenship Behavior Pada Pegawai SDIT Ulul Albab Kota Pekalongan: Penelitian. J AKSI: Jurnal Akuntansi dan Sistem Informasi, 5(1), 153–165.
Sartika, N. D., & Khair, H. (2022). Pengaruh lingkungan kerja, kepuasan kerja dan Organizational Citizenship Behavior terhadap kinerja dosen. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 5(2), 1335–1347.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.
Taber, K. S. (2022). The Use Of Cronbach's Alpha When Developing And Reporting Research Instruments In Science Education. Research In Science Education, 52(1), 137–155.
Untung, W. O., Zulqarnain, Z., & Sukarno, S. (2022). Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Madrasah dan Organizational Citizenship Behavior Terhadap Kinerja Guru. Journal of Educational Research, 1(2), 357–384.
Williams, L. J., Vandenberg, R. J., & Edwards, J. R. (2021). Structural Equation Modeling in Management Research: A Guide For Using GLS Estimation. Journal of Management, 47(6), 1525–1549.
Yudha, A. (2023). Pengaruh tunjangan profesi guru terhadap kinerja dengan Organizational Citizenship Behaviour (OCB) sebagai anticeden pada guru sekolah dasar Wedarijaksa Kabupaten Pati. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 6(3), 537–543.
Author Biographies
Salma Firdaus, Universitas Mataram
Dadi Setiadi, Universitas Mataram
Fahruddin Fahruddin, Universitas Mataram
Muhammad Makki, Universitas Mataram
Mohamad Mustari, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2025 Salma Firdaus, Dadi Setiadi, Fahruddin Fahruddin, Muhammad Makki, Mohamad Mustari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Profesi Guru Indonesia (JPGI) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Profesi Guru Indonesia (JPGI).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
