Pengaruh Leader Member Exchange dan Motivasi Kerja Terhadap Inovasi Guru Sekolah Dasar Kabupaten Lombok Barat
Published:
2025-04-25Issue:
Vol. 1 No. 1 (2025): AprilKeywords:
LMX, Motivasi Kerja, Inovasi GuruAbstract
Guru memiliki tanggung jawab untuk terus berinovasi guna meningkatkan mutu pendidikan secara menyeluruh. Inovasi yang dilakukan mencakup berbagai aspek dalam praktik profesional mereka. Kemampuan guru dalam menciptakan inovasi dipengaruhi oleh sejumlah faktor, di antaranya motivasi kerja serta kualitas hubungan profesional dengan kepala sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana pengaruh hubungan Leader Member Exchange (LMX) dan motivasi kerja terhadap tingkat inovasi guru sekolah dasar di Kabupaten Lombok Barat. Pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian asosiatif digunakan dalam studi ini. Sampel terdiri dari 335 guru sekolah dasar yang dipilih melalui teknik proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket tertutup, kemudian dianalisis dengan metode regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa LMX dan motivasi kerja secara bersama-sama menyumbang pengaruh sebesar 63,5% terhadap inovasi guru dengan signifikansi 0,000. Secara terpisah, kontribusi motivasi kerja (41,2%) lebih besar dibandingkan LMX (29,1%). Temuan ini menegaskan bahwa persepsi guru terhadap motivasi pribadi dan hubungan profesional yang terjalin dengan kepala sekolah memainkan peran krusial dalam mendorong inovasi pendidikan. Oleh karena itu, penguatan motivasi kerja serta peningkatan kepemimpinan yang bersifat kolaboratif perlu menjadi fokus utama dalam pengembangan profesionalisme guru.
References
Afsar, B., Badir, Y. F., & Bin Saeed, B. (2014). Transformational leadership and innovative work behavior. Industrial Management & Data Systems, 114(8), 1270–1300.
Anam, M. C., Wilian, S., & Setiadi, D. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Terhadap Motivasi Kerja Guru Honorer Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Selaparang Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 1(1).
Anshori, D., Kistyanto, A., & Wardoyo, D. T. W. (2024). Pengaruh Perilaku Inovatif dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Penggerak SMP di Kabupaten Magetan. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 1313-1322.
Antara News NTB. (2022). 200 guru SD di Lombok Barat ikuti pelatihan pembelajaran abad 21. Diakses pada 13 Desember 2024, dari https://mataram.antaranews.com/berita/228937/200-guru-sd-di-lombok-barat-ikuti-pelatihan-pembelajaran-abad-21.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Aslamiyah, S., Lahmuddin, L., & Effendy, S. (2020). Pengaruh Efikasi Diri dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Taman Kanak Kanak Di Kecamatan Medan Area. Tabularasa: Jurnal Ilmiah Magister Psikologi, 2(2), 143-152.
Bhoki H, (2015). Pengaruh Leader Member Exchange (LMX) Dan Kepuasan Kerja Terhadap Produktivitas Guru pada Sekolah Dasar Swasta Katolik di Wilayah Jakarta Pusat. Jurnal Manajemen Pendidikan: Volume 6 Nomor 2. Desember 2015.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks: SAGE.
Erkutlu, H. (2012). The impact of leadership power bases on conflict management styles. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 58, 227–236. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.995
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Intana, A. H. (2023). Pengaruh Leader Member Exchange Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Melalui Komitmen. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kebudayaan Dan Agama, 1(2), 9-19.
Isaac, S., & Michael, W. B. (1981). Handbook in Research and Evaluation. San Diego: EdITS Publishers.
Liden, R. C., & Maslyn, J. M. (1998). Multidimensionality of leader-member exchange: An empirical assessment through scale development. Journal of Management, 24(1), 43-72.
Mulyasa, E. (2013). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mustari, M. (2018). Manajemen Pendidikan. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Robbins, Stephen P. dan Timothy A. Judge. 2018. Perilaku Organisasi. Organizational Behavior (Edisi Ke-12. Jakarta: Salemba Empat.
Rogers, E. M. (2003). Diffusion of Innovations (5th ed.). New York: Free Press.
Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wajdi, F., Seplyana, D., Juliastuti, Rumahlewang, E., Fatchiatuzahro, NourHalisa, N., … Kusumaningrum, R. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Widina Media Utama.
Wiranti, S., Baidlowi, I., & Poernomo, A. H. (2024). Pengaruh Leader Member Exchange (Lmx) Dan Efikasi Diri Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Rumah Sakit Dian Husada Mojokerto) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Majapahit).
Author Biographies
Ni Wayan Lila Riani, Magister Administrasi Pendidikan
Dadi Setiadi, Universitas Mataram
Abdul Kadir Jaelani, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2025 Ni Wayan Lila Riani, Dadi Setiadi, Abdul Kadir Jaelani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Profesi Guru Indonesia (JPGI) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Profesi Guru Indonesia (JPGI).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
