Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kota Mataram

Authors

Mega Purnama Dewi , Dadi Setiadi , Asrin Asrin , Muhammad Makki , Fahruddin Fahruddin

Published:

2025-04-25

Issue:

Vol. 1 No. 1 (2025): April

Keywords:

Budaya Sekolah, Kinerja Guru

Articles

Downloads

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh budaya sekolah terhadap kinerja guru sekolah dasar di Kota Mataram. Budaya sekolah yang positif diyakini dapat menciptakan lingkungan kerja yang kondusif, memperkuat etos kerja, dan mendorong peningkatan profesionalisme guru. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru Aparatur Sipil Negara (ASN) pada jenjang sekolah dasar negeri di Kota Mataram, yang berjumlah 1.623 orang. Sampel sebanyak 321 guru dipilih melalui teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket tertutup dengan skala Likert lima poin. Analisis data meliputi statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru (p < 0,05). Nilai koefisien determinasi (R² = 0,537) menunjukkan bahwa budaya sekolah mampu menjelaskan sebesar 53,7% variasi dalam kinerja guru. Temuan ini menegaskan bahwa penguatan budaya sekolah merupakan strategi yang relevan dalam upaya meningkatkan mutu kinerja guru sekolah dasar.

References

Amalda, R., & Prasojo, L. D. (2018). Pengaruh disiplin kerja guru terhadap prestasi belajar siswa di SMA/MA Kota Mataram. Jurnal Administrasi Pendidikan, 5(3), 123–132.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Darmawan, D. (2019). Manajemen budaya sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Jurnal Ilmu Pendidikan, 25(2), 101–110. https://doi.org/10.1234/jip.v25i2.567

Darmawan, D. (2019). Manajemen pendidikan: Konsep, strategi, dan aplikasi dalam mengelola sekolah dan lembaga pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Deal, T. E., & Peterson, K. D. (2009). Shaping school culture: Pitfalls, paradoxes, and promises (2nd ed.). Jossey-Bass.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasibuan, H. M., & Andika, R. (2023). Pengaruh budaya sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(1), 45–58. https://doi.org/10.31004/jmp.v14i1.1234

Kementerian Pendidikan Nasional. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Kuru, M., & Tabancali, E. (2023). The effect of organizational culture on teachers’ job performance: A study in elementary schools. International Journal of Educational Management, 37(2), 302–316. https://doi.org/10.1108/IJEM-09-2022-0398

Likert, R. (1932). A technique for the measurement of attitudes. Archives of Psychology, 140, 1–55.

Onaga, J. (2019). The role of school culture in promoting teacher performance: Evidence from Southeast Asia. Asian Journal of Education and Development, 11(4), 215–229.

Prayoga, I. M., & Yuniati, N. (2019). Internalisasi budaya sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 121–130.

Setiyati, H. (2014). Pengaruh budaya organisasi, kepemimpinan kepala sekolah, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(3), 345–358. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i3.111

Setiyati, N. (2014). Pengaruh budaya sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 45–52.

Sudibjo, N., & Nasution, S. (2020). Pengaruh budaya kerja dan kepemimpinan terhadap kinerja guru di sekolah dasar. Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan, 9(1), 88–97.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Umar, H. (2003). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Rajawali Pers.

Utami, D. A., & Negara, M. A. (2021). Pengaruh budaya sekolah terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 52(2), 89–102.

Data Pendukung

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Mataram. (2024). Rekapitulasi Kehadiran Guru SD Negeri melalui Sistem Si Mutiara. Mataram: BKPSDM Kota Mataram.

Dinas Pendidikan Kota Mataram. (2023). Laporan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) Guru Sekolah Dasar Negeri Tahun 2023. Mataram: Dinas Pendidikan Kota Mataram.

Author Biographies

Mega Purnama Dewi, Magister Administrasi Pendidikan

Dadi Setiadi, Universitas Mataram

Asrin Asrin, Universitas Mataram

Muhammad Makki, Universitas Mataram

Fahruddin Fahruddin, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2025 Mega Purnama Dewi, Dadi Setiadi, Asrin Asrin, Muhammad Makki, Fahruddin Fahruddin

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Authors who publish with Jurnal Profesi Guru Indonesia (JPGI) agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Profesi Guru Indonesia (JPGI).
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).