Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Indonesia

Authors

Ida Wahyu Ningsih , Khairun Nisa , Baiq Ratna Wahyu Ningsih , Dian Indarsih

Published:

2025-04-25

Issue:

Vol. 1 No. 1 (2025): April

Keywords:

Model Pembelajaran, Temas Games Tournament (TGT), Minat Belajar, Bahasa Indonesia

Articles

Downloads

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar Bahasa Indonesia Kelas VA melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) di SDN 3 Ampenan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Teknik pengumpulan data melaui observasi dan angket, sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menungjukkan peningkatan signifikan pada minat belajar Bahasa Indonesia peserta didik pada setiap siklus, yaitu pada siklus 1 diperoleh persentase sebesar 63%, lalu terjadi peningkatan persentase menjadi sebesar 74% pada siklus 2, kemudian pada siklus 3 pun terjadi peningkatan persentase menjadi 83%. Peningkatan ini mengindikasikan bahwa model TGT efektif dalam menumbuhkan keaktifan peserta didik melalui kegiatan diskusi dan proses berpikir sehingga menjadikan pembelajaran yang lebih bermakna, menyenangkan dan menumbuhkan minat belajar peserta didik. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat menjadi alternatif yang efektif bagi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan pencapaian tujuan pembelajaran yang lebih optimal.

References

Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839

Febriani, M. (2024). Peningkatan Minat Belajar Sejarah Indonesia Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Peserta Didik Kelas X9 SMAN 3 Medan. ALACRITY : Journal of Education, 4(1), 155–164. https://doi.org/10.52121/alacrity.v4i1.264

Hulu, Y., & Telaumbanua, Y. N. (2022). Analisis Minat Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 283–290. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.39

Khikmah, N., Miyono, N., & Budiastuti, M. (2024). Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Game TGT di SDN Rejosari 01 Semarang. 10(02).

Millah, J., Firdaus, A., & El-yunusi, M. Y. M. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Teams Games Turnament ( TGT ) dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI. Ilmu Pendidikan, 1(1), 21–24.

Mubin, M., & Aryanto, S. J. (2024). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(03), 554–559. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i03.3429

Nurhayati, Egok, A. S., & Aswarliansyah. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 3.

Pratiwi, M. P., Masfuah, S., & Ermawati, D. (2023). Penerapan Model TGT dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas IV SD. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1750. https://doi.org/10.35931/am.v7i4.2724

Rahmawati, S., Trisiana, A., & Mustofa, M. (2023). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament (TGT) pada Pembelajaran Tematik Integratif. Jurnal Pendidikan Tambusai , 7(1), 3826–3831.

Sundari, E., Khairuddin, K., & Jumadil, J. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap Minat Belajar Peserta Didik. Educatoria : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 3(4), 242–247. https://doi.org/10.36312/educatoria.v3i4.218

Utami, D., Suhendi, D., & Wahyuningrum, E. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Pada Peserta Didik Kelas V SDN Gugus Sultan Mahmud Badaruddin II, Oku Timur. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(03), 3623–3636.

Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821

Author Biographies

Ida Wahyu Ningsih, Universitas Mataram

Khairun Nisa, Universitas Mataram

Baiq Ratna Wahyu Ningsih, Universitas Mataram

Dian Indarsih, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2025 Ida Wahyu Ningsih, Khairun Nisa, Baiq Ratna Wahyu Ningsih, Dian Indarsih

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Authors who publish with Jurnal Profesi Guru Indonesia (JPGI) agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Profesi Guru Indonesia (JPGI).
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).