Implementasi Media Pembelajaran Smart Box Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pelajaran PKN Siswa

Authors

Yuli Srihartati Yuli , Muhammad Makki , Aminudin

Published:

2025-04-25

Issue:

Vol. 1 No. 1 (2025): April

Keywords:

Hasil Belajar, Smart Box, PKN

Articles

Downloads

Abstract

Penurunan hasil belajar yang diperoleh oleh siswa sekolah dasar pada pelajaran PKN disebabkan adanya kejenuhan yang dirasakan mereka yang disebabkan adanya pembelajaran yang masih mengandalkan buku dalam memberikan ilmu pengetahuan. Dari permasalahan yang ada, maka peneliti menawarkan solusi dengan melaksanakan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran Smart Box. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek siswa kelas 3 SDN 26 Cakranegara yang mana dilaksanakan saat semester genap tahun ajaran 2023/2024. Untuk instrumen menggunakan asesmen formatif yang telah divalidasi oleh guru pamong peneliti di SDN 26 Cakranegara. Sementara analisis data menggunakan proses deskriptif kuantitatif, yang pertama dilakukan tentu sja mengumpulkan nilai yang diperoleh saat tes formatif, kemudian menghitung nilai dan persentase secara klasikal dengan penekanan hasil belajar haruslah mencapai KKM yaitu 75, maka dapat dikatakan bahwa hasil belajar siswa dinyatakan tuntas. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran Smart Box dapat meningkatkan hasil belajar PKN.

References

Agustini, S. A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Smart Box Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 Sd. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4), 41-56.

Aminah, S., & Yusnaldi, E. (2024). Pengembangan Media Smart box Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Ibtidaiyah. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13 (3), 3077–3086.

Fadila, M. N., & Rozie, F. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Smart Box terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Materi “Telling Time” Siswa Kelas IV SDN Bulak Banteng 1/263 Surabaya. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 3565-3576.

Hsb, S. F. H., Humairah, N. I., Simanjuntak, M. J. S., Amar, F. S., Manurung, S. V., Ritonga, P. L., ... & Prasasti, T. I. (2024). Penerapan Media Bahan Ajar Smartbox Dalam Pembelajaran Bipa Pada Materi Pengenalan Kuliner Etnis Simalungun. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(3), 3301-3313.

Maharani, A., & Fasa, M. I. (2024). Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Dengan Menggunakan Variabel 4p Pada Produk Tabungan Bank Syariah Guna Meningkatkan Minat Masyarakat Di Indonesia. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(11).

Maharani, A., Wachidah, L. R., & Adriana, I. Pemanfaatan Media Smart Box pada Pembelajaran Teks Iklan di Era Kurikulum Merdeka. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 7, No. 3).

Maulidiya, R. A., & Pangestu, W. T. (2024). Penerapan Media Smart Box Pada Pembelajaran Pkn Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iii Sdn Sidotopo Wetan 1/255 Surabaya. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 533-542.

Manurung, S. A. F., Pasaribu, Y., Sinaga, R. A., Sinabutar, S., & Situmorang, C. (2025). Penerapan Media Smart Box Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas Vi Pada Materi Masyarakat Ekonomi Asean Di Uptd Sd Negeri 122384 Pematangsiantar. Pande Nami Jurnal (PNJ), 3(1), 01-08.

Nabila, K., & Zuhdi, U. (2024). Penggunaan Media Smart Box Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Vb Sdn Manukan Kulon Ii/499 Surabaya. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 923-932.Widjayanti, O. D., & Hanafia, A. (2024). Penerapan Media Smart Box Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iii Materi Bentuk Dan Sumber Energi. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 479-488.

Pangesti, F. A., Kurniawati, R. P., & Rulviana, V. (2024). Penerapan Media Smart Box untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 5, 193-199.

Pramudya, D. R., & Paksi, H. P. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Smart Box Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Materi Hak Dan Kewajiban Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(10).

Putri, T. S., Dewi, N. K., & Ekawati, Y. Y. (2024). Penerapan Media Smart Box Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas Iv Sd Materi Kekayaan Budaya Indonesia. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(10).

Sandra, A. L., & Kusuma, D. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Smart Box Mathematic untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 1 SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 587-601.

Sitio, K. A., Pakpakhan, M. B., Kameliatunnisa, N., & Saragih, N. M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Menggunakan Smart Box Minat Belajar Ppkn Meningkatkan Di Smp N 19 Kota Jambi. Jurnal Penelitian dan Pengabdian, 1(2), 226-235.

Setyawati, D. U., Dewi, I. A. M. R., & Hayati, L. (2024). Implementasi Problem Based Learning Terintegrasi Pendekatan Teaching at The Right Level dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(3), 1300-1310.

Sumiyati, S., Fauqi, A., & Jumiati, J. (2025). Pengaruh Media Smart box terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Evaluasi dan Kajian Strategis Pendidikan Dasar, 2(1), 11-16.

Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian tindakan kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Zahra, J. O. V., Hanifah, N., & Nugraha, R. G. (2024). Penerapan Media Smart Box untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Kelas IV SD Materi Kewajiban dan Hak. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 545-554.

Zahro, N. F., Nengtias, S., Mefiani, S., Susendra, M. A., & Masfuah, S. (2024). Uji Validitas Media Smart Box pada Mata Pelajaran IPA Materi Sumber Energi pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA), 5(2), 83-90.

Author Biographies

Yuli Srihartati Yuli, Universitas Mataram

Muhammad Makki, Universitas Mataram

Aminudin, SDN 26 Cakranegara

License

Copyright (c) 2025 Yuli Srihartati Yuli, Muhammad Makki, Aminudin

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Authors who publish with Jurnal Profesi Guru Indonesia (JPGI) agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Profesi Guru Indonesia (JPGI).
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).