Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Pendekatan Projek Based Learning (Pjbl) Pada Mata Pelajaran IPAS di SDN 1 Kekeri

Authors

Muhammad Jaini , Mukayati Mukayati , Yunita Arian Sani Anwar

Published:

2025-04-25

Issue:

Vol. 1 No. 1 (2025): April

Keywords:

Peningkatan, Aktivitas Belajar, Pendekatan Projek Based Learning, IPAS

Articles

Downloads

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas 4B SDN 1 KEKERI dengan menggunakan metode Pendekatan Projek Based Learning (PJBL). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau PTK. Adapun model penelitian tindakan kelas yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain PTK Kemmis dan Mc Taggart. model ini terdiri dari empat komponen, yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflection). Adapun instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini Projek,observasi, kerja kelompok, presentasi, lkpd siswa terhadap penerapan metode pendekatan projek based learning (PJBL), dan dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Aktivitas belajar siswa, aktivitas guru dan peserta didik serta respon peserta didik terhadap penerapan metode PJBL. Hasil penelitian ini menemukan bahwa adanya peningkatan aktivitas belajar peserta didik, yang dilihat dari beberapa aspek diantaranya: 1) Aktivitas gur pada proses pembelajaran meningkat dari 3,31% dengan kategori baik menjadi 4, 25% dengan kategori baik sekali. 2) Aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran meningkat dari 3,14% dengan katagori baik menjadi 4,14% dengan katagori baik sekali. 3) Hasil belajar peserta didik meningkat dari 65, 71% menjadi 82, 85% orang yang tuntas. Dengan demikian pada proses pengerjaan projek yang telah dilakukan terlihat peningkatan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas 4B SDN 1 Kekeri.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2014. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hernowo. 2005. Menjadi Guru yang Mau dan MampuMengajar Secara Menyenangkan.

Bandung: MLC

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saitifik dan Kontekstual. Jakarta:Ghalia Indonesia. Rohani, Ahmad. 2010. PengelolaanPengajaran. Jakarta: RinekaCipta

Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: PT Rajagrafindo Persada

Tampubolan, Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan. Dan Implementasinya pada Kurikulun Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Usman, Uzer. 2011. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya WS Winkel. 1989. Psikologi Pengajaran . Jakarta: Rineka Cipta

Author Biographies

Muhammad Jaini, Universitas Mataram

Mukayati Mukayati, SDN 1 Kekeri

Yunita Arian Sani Anwar, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2025 Muhammad Jaini, Mukayati Mukayati, Yunita Arian Sani Anwar

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Authors who publish with Jurnal Profesi Guru Indonesia (JPGI) agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Profesi Guru Indonesia (JPGI).
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).