Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran PBL dengan Alat Bantu Papan Penjumlahan pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas 4 SD Negeri 44 Cakranegara
Published:
2025-10-30Issue:
Vol. 1 No. 2 (2025): OktoberAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 44 Cakranegara pada materi penjumlahan dengan cara menyimpan melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang didukung dengan media papan penjumlahan. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh kesulitan dalam memahami konsep penjumlahan serta minimnya penggunaan metode pembelajaran interaktif dan media konkret. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 28 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan siswa menyelesaikan operasi penjumlahan setelah diterapkannya model PBL dengan bantuan papan penjumlahan. Pada tes awal, hanya 14,2% siswa yang mencapai ketuntasan, dengan rata-rata nilai 59,6. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan model PBL dan media konkret seperti papan penjumlahan dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika dan hasil belajar siswa secara keseluruhan
References
Abd Rahman, B. P., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani, Y. (2022). Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1-8.
Arends, Richard. 2008. Learning to Teach. Penerjemah: Helly Prajitno & Sri Mulyani. New York: McGraw Hill Company.
Arnidha, Y., & Noerhasmalina, N. (2018). Model Problem Based Learning (Pbl) Pada Pembelajaran Matematika. JURNAL e-DuMath, 4(2), 46-51
Fauzia, H. A. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika SD. Primary, 7(1), 40-47.
Kamaladini, K., Gani, A. A., & Sari, N. (2021). Pengembangan Media Papan Edukasi Pintar Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional ..., 1(September), 93–100.
Luh, N., & Ekayani, P. (2021). Pentingnya penggunaan media siswa. Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, March, 1–16.
Meilasari, S., & Yelianti, U. (2020). Kajian model pembelajaran problem based learning (pbl) dalam pembelajaran di sekolah. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 195-207.
Mustadi, Ali. Landasan pendidikan sekolah dasar. Vol. 174. Uny Press, 2020.
Shalsabila, R., Sary, R. M., & Rahmawati, I. (2024). Pengembangan Media Powerpoint Interaktif Pada Bilangan Desimal Dan Bilanmaterigan Bulat Kelas V Sdn Sendangguwo 02. 10(2), 723–734. https://doi.org/DOI: 10.31932/jpdp.v10i2.3726 Surel
Stit, Y. S., & Nusantara, P. (2020). Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Berhitung Di Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(3), 435–448. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Tiasmara, E. (2015). Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Melalui Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas 5 Semester II Tahun Ajaran 2014/2015. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW.
Author Biography
Lailatu Baqiah, UNIVERSITAS MATARAM
License
Copyright (c) 2025 Lailatu Baqiah, Nurhasanah Nurhasanah, Efendi Harahap

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Profesi Guru Indonesia (JPGI) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Profesi Guru Indonesia (JPGI).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
