Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Belajar Menggunakan Metode Role Playing di SDN 12 Mataram

Authors

Lilis Nur Isnaini , Amrullah Amrullah , Dika Areka

Published:

2025-10-30

Issue:

Vol. 1 No. 2 (2025): Oktober

Keywords:

Keaktifan siswa, Role Playing, pembelajaran aktif, sekolah dasar

Articles

Downloads

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran melalui penerapan metode Role Playing di kelas V SDN 12 Mataram. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus berdasarkan model Kemmis & McTaggart dengan subjek 25 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Role Playing mampu meningkatkan keaktifan siswa secara signifikan, yang tercermin dari meningkatnya partisipasi siswa dalam berdiskusi, bertanya, serta berpartisipasi dalam simulasi peran selama pembelajaran. Pada siklus I, keaktifan siswa tercatat sebesar 40%, kemudian meningkat menjadi 84% pada siklus II setelah dilakukan perbaikan strategi, seperti penyederhanaan skenario dan penambahan waktu latihan. Dengan demikian, Role Playing terbukti efektif dalam menciptakan suasana belajar yang aktif, menyenangkan, serta mendorong pengembangan keterampilan sosial dan kepercayaan diri siswa. Metode ini direkomendasikan untuk diterapkan dalam pembelajaran aktif di sekolah dasar.

 

Kata Kunci: Keaktifan siswa, Role Playing, pembelajaran aktif, sekolah dasar.

References

Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah (Dinkes Sulteng). (2023). Perkembangan Kognitif Anak Usia Sekolah. Palu: Dinkes Sulteng.

Fadillah, N. W. N. (2025). Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII di MTs Hidayatut Tholibin Jakarta Selatan. (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Halifah, S. (2020). Pentingnya Bermain Peran Dalam Proses Pembelajaran Anak. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3), 35-40.

Huda, M. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran: Isu-isu metodis dan paradigmatis. Pustaka pelajar.

Jas, J., Achmad, S. S., & Alvi, R. R. (2020). Pengembangan model pembelajaran role playing dalam meningkatkan perilaku belajar mahasiswa mata kuliah Patologi Sosial. Journal of nonformal education and community empowerment, 148-159. https://doi.org/10.15294/pls.v4i2.43318

Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The action research planner (3rd ed.). Deakin University Press.

Kompasiana. (2024). Asimilasi dan Akomodasi dalam Teori Piaget: Implikasi untuk Pembelajaran. Diakses dari https://www.kompasiana.com

Piaget, J. (1973). To understand is to invent: The future of education. New York: Grossman.

Sanjaya, N. A. (2022). Teknik Role Play dalam Bimbingan dan Konseling. Al-Kamilah: Jurnal Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, 1(1).

Sardiman, A.M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Simatupang, S. (2011). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Bermain Peran terhadap Kompetensi Sosial Kognitif Siswa (Studi Kuasi Eksperimen pada Sekolah Dasar Negeri Sl dan Cg–di Bandung). Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, 3(02), 8976.

Slavin, R. E. (2009). Educational psychology: Theory and practice (9th ed.). Boston, MA: Pearson Education.

Trianto. (2010). Model pembelajaran inovatif-berorientasi konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Uno, H.B. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Author Biographies

Lilis Nur Isnaini, Universitas Mataram

Amrullah Amrullah, Universitas Mataram

Dika Areka, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2025 Lilis Nur Isnaini, Amrullah Amrullah, Dika Areka

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Authors who publish with Jurnal Profesi Guru Indonesia (JPGI) agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Profesi Guru Indonesia (JPGI).
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).