Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn Berbantuan Media Wordwall di Kelas XI IIS 3 SMAN 8 Mataram

Authors

Karenina Aulia Hidayat , Edy Kurniawan , Baihi Baihi

Published:

2025-10-30

Issue:

Vol. 1 No. 2 (2025): Oktober

Keywords:

Meningkatkan, Motivasi belajar, Media wordwall

Articles

Downloads

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn Berbantuan Media Wordwall di Kelas XI IIS 3 SMAN 8 Mataram. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan hasil penelitian bahwa penerapan media Wordwall dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil observasi penelitian setelah diterapkan media pembelajaran Wordwall, motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari 45% pada siklus I menjadi 74% pada siklus II. Selanjutnya pada hasil angket motivasi belajar mengalami peningkatan dari 38% pada siklus I menjadi 79% pada siiklus II. Sehingga motivasi belajar siswa yang sebelumnya ada pada kategori rendah meningkat menjadi motivasi pada kategori motivasi belajar tinggi.

 

References

Aeni, A. N.,dkk. 2022. Pengembangan

Aplikasi Games Edukatif Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Untuk Memahami Materi Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 1 No. 2.

Aidah, N., & Nurafni, N. 2022. Analisis Penggunaan Aplikasi Wordwall Pada Pembelajaran Ipa Kelas Iv Di Sdn Ciracas 05 Pagi. Pionir: Jurnal Pendidikan, Vol. 11 No. 2.

Amna Emda. 2018. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantaida journal . Vol. 5 No. 2.

Apriani, D., Azizah, N. N., Ramadhona, N., & Kusumawardhani, D. A. R. 2023. Optimasi

transparansi data dalam rantai pasokan melalui integrasi teknologi blockchain. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 2(1), 1–10.

Arikunto, S dkk. 2014. Prosedur Penelitian suatu Tindakan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Febrita, Y., & Ulfah, M. 2019. Peranan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika. Vol. 5 No.1.

Guntoro, S. N., Siswanti, H., Aldiansyah, S. D., Agustin, A., Prasetyo, A. N., & Amina, N. W. R.

(2022). Pengembangan Materi dan Media Pembelajaran di SDN Bogokidul Kediri Dengan

E-Learning Youtube dan Instagram. Prapanca: Jurnal Abdimas, 2(1), 44–50

Hamzah Pagarra, A. S. 2022. Media Pembelajaran. Gunungsari :Badan Penerbit UNM.

Kajian, J., Indonesia, P., Pelajaran, M., & Pancasila, P. 2023. Pelita : Pengaruh Media Wordwall terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada. 3(2).

Kurniawansyah, E., Fauzan, A. & Mustari, M. 2023. Peran Guru Ppkn Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SMA Muhammadiyah Sumbawa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. Vol. 8 No. 2.

Kusnadi, E. & Azzahra, S.A. 2024. Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Wordwall Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ppkn Di MA Al Ikhlash Padakembang Tasikmalaya. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran. Vol. 12 No 2.

Lestari, R. D. 2021. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Wordwall Di Kelas IV SDN 01 Tanahbaya Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Guru, 1-6.

Lisandra. R., dkk. 2025. Optimalisasi Media Word Wall untuk Peningkatan Motivasi, Hasil Belajar, dan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran PKn di SD. Mutiara: Multidiciplinary Scientifict Journal. Vol. 3 No. 1.

Magdalena, I., dkk. 2021. Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa SDN meruya selatan 06 pagi. Edisi. Vol. 3 No. 2.

Malewa, E. S., & Muh, A. A. 2023. Penggunaan Aplikasi Wordwall Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Materi Zakat Di UPTD SD Negeri 65 Barru. Jurnal : Educandum. Vol. 9 No. 1.

Marni. 2010. Peranan Guru dalam Menciptakan Pembelajaran yang Aktif, Efektif, dan Menyenangkan Terhadap Murid Sekolah Dasar Negeri 35 Dumme Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai. Sinjai: STAIM Sinjai.

Miftah, M., & Syamsurijal, S. 2024. Pengembangan Indikator Pembelajaran Aktif, Inovatif, Komunikatif, Efektif, dan Menyenangkan untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi

Belajar Siswa. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. 4 No.1.

Mu’minah, I. H. 2021. Pemanfaatan media pembelajaran berbasis video sebagai alternatif dalam pembelajaran daring IPA pada masa pandemi covid-19. Prosiding Penelitian Pendidikan

Dan Pengabdian 2021, 1(1).

Muhtadibillah, A., Rawat, B., & Sentosa, B. M. 2024. Motivasi Organisasi dalam Mengadopsi

Teknologi Blockchain: Suatu Tinjauan Literatur dan Analisis Kualitatif. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 2(2).

Ningsih, S. R., & Putra, H. K. 2022. Pembelajaran Penerapan Aplikasi Wordwall pada Mata Pelajaran Simkomdig untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid 19 Tamansiswa Sukoharjo selama Pembelajaran Jarak Jauh , salah satunya adalah karena k. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol. 7 No. 1.

Norma Monigir, N. & Wakari, T.I . 2024. Meningkatkan Partisipasi Aktif Siswa Dengan Media Interaktif Wordwall. Jurnal Cendekia Ilmiah. Vol.3 No.6.

Nurgiansah, T. H. 2021. Pendidikan Pancasila. In Solok: CV Mitra Cendekia Media.

Pamungkas, Z. S., dkk. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Wordwall Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Gunung Sugih. Journal of Social Science Education. Vol. 2 No. 2.

Permana, S. P., & Kasriman. 2022. Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall terhadap Motivasi

Belajar IPS Kelas IV. Jurnal Basicedu. Vol. 6 No. 5.

Pinta, A. R., Karim, H. A., & Trisna, L. 2024. Implementasi Penggunaan Media Wordwall Pada Mata Pelajaran Pai Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Minat Belajar Siswa di SMPN 3 Kecamatan Guguak. Ta'rim: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini. Vol. 5 No. 1.

Pradani, T. G. 2022. Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol. 1 No. 5.

Putri, N. M., & Hamimah, H. 2023. Pengembangan Multimedia Interaktif Wordwall Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran IPA. Journal of Practice Learning and Educational Development. Vol. 3 No. 1.

Septianda, D. E., Khairunnisaa, S. F., & Indrarini, R. 2022. Blockchain Dalam Ekonomi Islam.

SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan

Pendidikan, 1(11).

Shakira, A. M., & Najicha, F. U. 2023. Sinergi teknologi informasi dan pendidikan kewarganegaraan di era digital. Jurnal : Borneo Law Review, Vol.7 No. 2.

Sukmawati, dkk. 2022. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Permainan Pancasila Seru Dalam Mata Pelajaran Ppkn. Jurnal Kewarganegaraan. Vol. 6 No. 1.

Syofyan, H. (2023). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Ipa Menuju

Pembentukan Profil Pelajar Pancasila. Deepublish.

Taniredja, dkk. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.

Tjaolo, N.A., Sabang, S.M., & Manitu, A. 2025. Penggunaan Media Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Pancasila Pada Peserta Didik Kelas Vi Sekolah Dasar. Journal Genta Mulia. Vol. 16 No. 1.

Witjaksono, G., Suhara, A., Amanda, A. Z., Pandri, P., & Judijanto, L. (2023). Teknologi

Blockchain dalam Supply Chain Management: Meningkatkan Transparansi dan Keamanan. Jurnal Cahaya Mandalika, 3(2).

Zahro, N. A. Q. 2022. Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall. Abdima Jurnal Pengabdian Mahasiswa, Vol. 2 No. 1.

Author Biographies

Karenina Aulia Hidayat, Universitas Mataram

Edy Kurniawan, Universitas Mataram

Baihi Baihi, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2025 Karenina Aulia Hidayat, Edy Kurniawan, Baihi Baihi

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Authors who publish with Jurnal Profesi Guru Indonesia (JPGI) agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Profesi Guru Indonesia (JPGI).
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).