Pengembangan Modul Praktikum Isolasi Senyawa Dari Daun Ubi Karet Sebagai Penunjang Perkuliahan Kimia Bahan Alam

Siti Hajar, Eka Junaidi, Aliefman Hakim

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development yang bertujuan untuk mengetahui: (1) Langkah-langkah proses pengembangan modul praktikum kimia bahan alam tentang isolasi kuersetin-3-O-glikosida (rutin) dari daun ubi karet. (2) Tingkat kelayakan serta kepraktisan modul praktikum kimia bahan alam tentang isolasi kuersetin-3-O-glikosida (rutin) dari daun ubi karet yang sudah dikembangkan. Desain penelitian yang digunakan adalah model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia semester VI berjumlah enam puluh tujuh (67)  yang pada saat penelitian ini sedang memprogramkan mata kuliah kimia bahan alam. Sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil empat puluh (40) orang mahasiswa dari populasi yang kemudian dijadikan sebagai responden untuk uji coba terbatas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai validitas yang diperoleh dengan menggunakan indeks Aiken adalah V=0,9 dan modul praktikum berada pada pada kategori sangat valid dan sangat layak digunakan. Sementara itu, praktikalitas dapat dilihat dari respon mahasiswa dan dosen dengan rata-rata praktikalitas semua komponen modul sebesar 82 % respon mahasiswa dan 89% respon dosen yang berada pada kategori sangat praktis. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa modul praktikum kimia bahan alam tentang isolasi kuersetin-3-O-glikosida (rutin) dari daun ubi karet yang dikembangkan memalui model 4D dan modul yang dihasilkan sangat layak dan sangat praktis sehingga dapat digunakan pada proses pembelajaran.

Kata Kunci: Pengembangan, Modul praktikum, kimia bahan alam, Kuersetin-3-O-glikosida (Rutin).

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. 2013. Manajemen Penelitian. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Fajriyani. 2017. Pengembangan Modul Praktikum Kimia Dasar Terintegrasi Ilmu Fisika Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika (skripsi). UI N Alauddin Makassar.

Hakim, A., Jufri, A.W., Jamaluddin, Andayani, Y., Rahayuan, B.D. and Supriadi. 2019. Promoting Students’ Metacognition in Natural Product Chemistry Course through Mini Project Laboratory. Open Access Library Journal, 6: e5815. Doi: 10.4236/oalib.1105815

Hidayati, A. 2016. Pengembangan Modul Berbasis Pengajuan Masalah dengan Menyisipkan Nilai Islami di SDIT Ghilmani Surabaya. (skripsi). UIN Sunan Ampel Surabaya.

Syamsudin, A. 2005. Psikologi Kependidikan Perangkat Sistem Pengajaran Modul. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yildiz, F. 2010. Develop and manifacture of yogurt and other fungsional dairy products. CRC Presss. New York : XI + 440 hlm.

Yusuf, S dan Untari, B. 2005. ”Kuersetin-3-O-Glikosida (Rutin) Dari Daun Ubi Karet (Manihot Glaziovii.M.A)”. Literatur Penelitian Sains. 18:1-8.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.