Persepsi Guru SMA/MA Negeri di Lombok Timur Terhadap LKPD Bermuatan Etnosains Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit

Sri Nursakinah, Yayuk Andayani, Syarifa Wahidah Al Idrus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru Kimia SMA/MA Negeri di Lombok Timur terhadap LKPD bermuatan etnosains pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu guru yang mengajar Kimia di SMA/MA Negeri yang  terdapat di Lombok Timur. Metode yang digunakan untuk pengambilan sampel yaitu  metode purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah guru Kimia SMA/MA Negeri di Lombok Timur sebanyak 24 orang. Pengambilan data persepsi guru Kimia terhadap LKPD bermuatan etnosains dengan menggunakan angket tertutup skala likert. Persepsi guru terhadap LKPD bermuatan etnosains dilihat dari 3 aspek yaitu aspek teknis, isi dan konstruk. Persepsi guru terhadap aspek teknis LKPD bermuatan etnosains berada pada kategori persepsi baik dengan rerata (mean) sebesar 18,92. Persepsi guru terhadap aspek isi LKPD bermuatan etnosains berada pada kategori persepsi sangat baik dengan rerata (mean) sebesar 36,42 dan persepsi guru terhadap aspek konstruk LKPD bermuatan etnosains berada pada kategori persepsi baik dengan rerata (mean) sebesar 32,2.

Kata Kunci:   Persepsi, LKPD, etnosains, elektrolit dan non elektrolit.

Full Text:

PDF

References

Azwar, S. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Hadi, S. 2004. Statistik Jilid 2. Yogyakarta : Andi Offset.

Mulyani, A. 2016. “Penerapan Pembelajaran Berbasis Sains Budaya

Lokal Ngaseup pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMAN 1 Maja”. Jurnal Sains dan Pendidikan Sains.5 (1) : 1-14.

Parera, J.D. 2009. Dasar- Dasar Analisis Sintaksis. Jakarta : Erlangga.

Rochman, C dan Majid, A. 2013. Pendekatan Ilmiah dalam Implemetasi Kurikulum 2013. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Sudarmin. 2014. Model Pembelajaran Sains Berbasis Etnosains (MPSBE ) untuk Menanamkan Nilai Karakter Konservasi dan Literasi Sains. Semarang: Universitas Semarang.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wisudawati, A. W dan Sulistyowati, E. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.

Zahary, M. 2017. Pengembangan LKPD menggunakan Pendekatan Multikultural untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika dan Sikap Sosial Siswa. Tesis. Universitas Lampung, Lampung.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.