Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Literasi Sains Peserta Didik

Authors

Lena Marlina , Muntari Muntari , Baiq Fara Dwirani Sofia

DOI:

10.29303/jpm.v16i1.2021

Published:

2021-01-09

Issue:

Vol. 16 No. 1 (2021): Januari 2021

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Masalah, Literasi Sains, Elektrolit dan Non-Elektrolit

Articles

Downloads

How to Cite

Marlina, L., Muntari, M., & Sofia, B. F. D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 24–29. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.2021

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap literasi sains peserta didik kelas X pada materi pokok larutan elektrolit dan non-elektrolit. Metode yang digunakan adalah metode quasi experiment dengan rancangan penelitian post-test only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X MIAà MAN 2 Model Mataram. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA 1 and X MIA 4 MAN 2 Model Mataram.Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi sains peserta didik pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah menghasilkan nilai rata-rata posttest à76,17. Sedangkan pada kelas yang menggunakan metode konvensional menghasilkan nilai rata-rata posttest à66,75. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan rumus uji-t sparated varians. Hasilà uji-t pada taraf signifikan 5% diperoleh nilai thitung(4,14) ââ°Â¥Ã  ttabel (1,671), yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Hal perhitungan tersebut menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap literasi sains peserta didik kelas X pada materi pokok larutan elektrolit dan non-elektrolit dibandingkan modelà pembelajaran konvensional.

References

Toharudin. (2011). Membangun Literasi Sains siswa. Bandung: Humaniora.

Utami, D, D. (2018). ââ¬ÅUpaya Peningkatan Literasi Sains Siswa Dalam Pembelajaran IPAââ¬Â. Prosiding Seminar Nasional MIPA IV, 1(1), 133-137.

Fathuroman, A., Zulherma, dan F. Kurnia. (2014). Analisis Bahan Ajar Fisika SMA Kelas IX di Kecamatan Indralayu Utara Berdasarkan Kategori Literasi Sains. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 1 (1), 43-47.

Taufiq, M., Amalia, A. V., Parmin, P., dan Leviana, A. (2016). Design of Science Mobile Learning of Eclipse Phenomena with Conservation Insight Android-Based App Inventor 2. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2), 291-298.

Putri, A., Suciati, dan Ramli. (2014). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Potensi Lokal Pada Pembelajaran Biologi Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Cepg. Jurnal Pendidikan Biologi FKIP UNS, 3(2), 81-94.

Giriyanti, P., R. Ading, P., dan Milla, L. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Ekositem Kelas X SMA. Jurnal Skripsi Pendidikan Biologi, 1-8.

Suyanti, R. D. (2010). Strategi Pembelajaran Kimia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Astuti, N. (2018). Pembelajaran Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Dengan Multimedia Adobe Flash CS6 Melalui Model Inkuiri Terbimbing dan Discovery Learning di Kelas X MIPA SMAN Titian Teras.

Fatimah, F. (2012). Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pemecahan Masalah Melalui Problem Based Learning. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 16 (1), 249-260.

Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Burhan. (2014). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Haerani, S. A. S., Setiadi, D., & Rasmi, D. A. C. (2020). Pengaruh Model Inkuiri Bebas Terhadap Kemampuan Literasi Sains. J. Pijar MIPA, 15(2), 140-144.

Fauziah, N., Hakim, A., & Andayani, Y. (2019). Meningkatkan literasi sains peserta didik melalui pembelajaran berbasis masalah berorientasi green chemistry pada materi laju reaksi. Jurnal Pijar MIPA, 14(2), 31-35.

Author Biographies

Lena Marlina, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram

Muntari Muntari, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram

Baiq Fara Dwirani Sofia, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram

License

The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.

2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).