Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Learning Cycle (7E) pada Materi Plantae

Authors

DOI:

10.29303/jpm.v16i2.2304

Published:

2021-03-03

Issue:

Vol. 16 No. 2 (2021): Maret 2021

Keywords:

LKPD, Learning Cycle 7E, Valid, Praktis

Articles

Downloads

How to Cite

Setiyadi, M. W. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Learning Cycle (7E) pada Materi Plantae. Jurnal Pijar Mipa, 16(2), 186–190. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i2.2304

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Learning Cycle 7E yang bersifat valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 (lima) tahapan yaitu Analize, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Pengumpulan data dilakukan melaui proses validasi LKPD angket respon siswa dan angket respon guru terhadap LKPD. Data uji coba dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Instrument pengumpulan dataà menggunakan lembar validasi yang dilakukan oleh empat orang validator. Hasil analisis diperoleh validitas àpada aspek isi materi, bahasa dan penyajian berturut-turut yaitu sebesar à3,96, 4,07, dan 4,18 dengan rata-rata skor validator 4,07 yang berarti valid dan layak digunakan.à Kepraktisan LKPD yang dikembangkan berada pada kriteria respon guru dan siswaà sangat kuat yaitu 84,06% dan 87% dengan rata-rata 85,53%, sehingga dapat disimpulkan bahwa respon siswa dan guru positif terhadap LKPD yang di kembangkan.

References

Labov, J. B., Reid, A. H., & Yamamoto, K. R. (2010). Integrated biology and undergraduate science education: A new biology education for the twenty-first century? CBE Life Sciences Education, 9(1), 10ââ¬â16. https://doi.org/10.1187/cbe.09-12-0092.

Kemendikbud, ââ¬ÅBuku Teks Pelajaran Dan Buku Panduan Guru Untuk Pendidikan Dasar Dan Menengah,ââ¬Â Peratur. Menteri Pendidik. Dan Kebud. Republik Indones. Nomor 71 Tahun 2013, 2013

[Ãâ¡imer, A. (2012). What Makes Biology Learning Difficult and Effective: Studentsââ¬â¢ Views. Educational Research and Reviews, 7(3), 61ââ¬â71. https://doi.org/10.5897/ERR11.205

Setiyadi, M. W. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(2), 102. https://doi.org/10.26858/est.v3i2.3468

Purnamasari, S., & Setiyadi, M. W. (2019). Pengaruh zat kimia pada berbagai suhu terhadap denyut jantung katak (rana sp.) Dalam upaya pengembangan buku petunjuk praktikum fisiologi hewan. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 7(2), 123. https://doi.org/10.33394/bjib.v7i2.2388

Satura, Y.T., Abdullah, A., & Rery, R.U. Pengembangan LKPD Aplikatif Integratif Berbasis Inquiri Terbimbing Pada Materi Kesetimbangan Kimia. J. Pijar Mipa, vol. 16, no. 1, p. 64, 2021, doi: 10.29303/jpm.v16i1.1647.

Susilawati, K., Adnyana, B., Bagus, I., & Swasta, J. (2014). Pengaruh Model Siklus Belajar 7e Terhadap Pemahaman Konsep Biologi Dan Sikap Ilmiah Siswa. In Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA (Vol. 4, Issue 1). Ganesha University of Education.

Eisenkraft, A. (2003). Expanding the 5E model. Brodiescience.Pbworks.Com. http://brodiescience.pbworks.com/w/file/fetch/48973835/5-8scivocquestho.docx

Muzakir, M. Z., & Wijaya, P. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7e Dengan Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Ekonomi Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sma Negeri 7 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR, 6(2), 80ââ¬â89. https://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/2739

Balta, N., & Sarac, H. (2016). The Effect of 7E Learning Cycle on Learning in Science Teaching: A meta-Analysis Study. European Journal of Educational Research, 5(2), 61ââ¬â72. https://doi.org/10.12973/eu-jer.5.2.61

Istuningsih, W., Baedhowi, B., & Sangka, K. B. (2018). The Effectiveness of Scientific Approach Using E-Module Based on Learning Cycle 7E to Improve Studentsââ¬â¢ Learning Outcome AR TI CL E IN FO AB STR A CT. In pdfs.semanticscholar.org. www.ijere.com

Tyas, M. A., Mulyono, M., & Sugiman, S. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Minat Belajar Dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X. Unnes Journal of Mathematics Education., 4(3). https://doi.org/10.15294/ujme.v4i3.9053

Khotimah, N., Utami, C., & Prihatiningtyas, N. C. (2018). Penerapan Model Learning Cycle 7E Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Prisma. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(1), 15. https://doi.org/10.26737/jpmi.v3i1.457

Lestari, P., & Rosdiana, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Learning Cycle 7E dan Problem Based Learning. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 425ââ¬â432. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.156

Darojat, L., & Artikel, S. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Berdasarkan Aq Dengan Learning Cycle 7e Info Artikel. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(1), 1ââ¬â8. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6

Setiyadi, M. W. (2018). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi. NUANSA, 6(2). http://www.stkip-al-amin-dompu.ac.id/ojs/index.php/nuansa/article/view/33

Darwis, M. 2007. Model pembelajaran Matematika yang melibatkan kecerdasan Emosional. Disertasi Program Pascasarjana Program Studi Pendidikan Matematika. Universitas Negeri Surabaya: Tidak diterbitkan.

Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian, 10th ed. Bandung: Alfabeta.

Permendikbud Nomor 59 tahun 2014 Tentang Kurikulum SMA/MA. Jakarta.

B. N. Khair, F. P. Astria, K. S. K. Wardani, N. Nurwahidah, and N. L. P. N. Sriwarthini. 2021. Pengembangan LKPD Literasi Sains Berbasis Lesson Study for Learning Community (LSLC),ââ¬Â J. Pijar Mipa, vol. 16, no. 1, p. 136,, doi: 10.29303/jpm.v16i1.2297.

P. R. Mardeni, J. Azmi, and R. Linda.2021. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis RMS (Reading, Mind Mapping, and Sharing) pada Pembelajaran Kimia. J. Pijar Mipa, vol. 16, no. 1, p. 8, 2021, doi: 10.29303/jpm.v16i1.1285.

Sawitri, D.W. 2014. et al., ââ¬ÅPengembangan Modul Keanekaragaman Hayati Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas X SMA Development Of Scientific Approach Based Module of Biodiversity For X Grade of Senior High School Wisanti dan Reni Ambarwati,ââ¬Â State University of Surabaya.

Author Biography

Muhammad Wahyu Setiyadi, STKIP AL Amin Dompu

Pendidikan Biologi STKIP AL Amin Dompu

License

The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.

2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).