PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA

Putut Bayuaji, Hikmawati Hikmawati, Satutik Rahayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe SFAE dengan  pendekatan saintifik terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Tanjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Desain penelitian menggunakan Postest-Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Tanjung. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dimana diperoleh siswa kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata post-test untuk kelas eksperimen sebesar 75 dan untuk kelas kontrol sebesar 70. Hasil uji normalitas menunjukkan data terdistribusi normal. Hasil uji homogenitas kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan kedua kelas homogen. Hasil uji-t pooled varians menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran SFAE dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Tanjung.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.29303/jpm.v12i1.328

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed By


                                 

Creative Commons License

Jurnal Pijar MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View Jurnal Pijar MIPA Stats

View My Stats