SOSIALIASASI HASIL EVALUASI KONTEKS PENGEMBANGAN RPS DI PROGRAM STUDI S-1 PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UNRAM

Johan Mahyudi, Rusdiawan Rusdiawan, Baiq Wahidah, Syahbuddin Syahbuddin

Abstract

Pengabdian ini difokuskan untuk menyosialisasikan hasil evaluasi konteks penyusunan RPS di Program Studi S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UNRAM. Sasarannya dosen-dosen Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia. Materi sosialisasi disampaikan pada saat rapat penawaran matakuliah. Pilihan waktu sosialisasi tersebut didasarkan pada pemikiran bahwa saat paling tepat untuk menginformasikan situasi yang dihadapi oleh program studi dalam upaya pengembangan RPS. Materi sosialisasi bersumber dari hasil penelitian terhadap kendala yang dihadapi oleh program studi dalam program pengembangan RPS. Ada lima materi yang disampaikan dalam sosialisasi yaitu (1) situasi yang sedang dihadapi oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unram; (2) hasil pengumpulan informasi terkait tujuan pengembangan RPS yang wajar dan televan dengan lingkungan FKIP Unram; (3) status dokumen RPS yang sedang dikembangkan di Program Studi annya  Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unram; (4) kekurangan yang teridentifikasi dalam pelaksanaan program pengembangan RPS di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unram; (5) kekuatan dan keunggulan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unram.

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S., & Jabar, C.S.A. 2008. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Fitzpatrick, Jody L., James R. Sanders & Blaine R. Worthen. 2011. Program Evaluation: Alternative Approaches and Practical Guidelines, 4th Edition. New York: Pearson Education.

Gronlund, N.E. & Linn, R.L. 1990. Measurement and Evaluation in Teaching. McMillan Company: New York.

Madaus, G.F., Scriven, M.S., & Stufflebeam, D.L. 1993. Evaluation models, viewpoints on educational and human services evaluation. Boston: Kluwer-Nijhoff Publishing.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. (Online). (http://faperta.ugm.ac.id/2014/site/fokus/pdf/permen_tahun2014_nomor049.pdf), diakses 12 Oktober 2018

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 TAHUN 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. (Online). (https://sipuu.setkab.go.id/PUUdoc/17403/Perpres0082012.pdf), diakses 12 Agustus 2018

Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. (Online), (https://img.akademik.ugm.ac.id/unduh/2015/PERMENRISTEKDIKTI_Nomor_44_Tahun_2015_SNPT.pdf), diakses 12 Oktober 2018

Sax, G. 1980. Principles of educational and psychological measurement and evaluation, (2nd ed.). California: Wandsworth Publishing Company.

Stufflebeam, D.L., & Shinfield, A.J. 1985. Systematic evaluation. Boston: Kluwer Nijhof Publishing.

Sulaimi, M. 2018. “Rencana Pembelajaran Semester”. Ppt. Sosialisasi RPS FKIP Universitas Mataram.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.