SOSIALISASI PELAKSANAAN PENDIDIKAN SEKSUAL PADA ANAK KEPADA ORANG TUA DAN GURU SDN GUGUS IV KOTA MATARAM

Darmiany Darmiany, Khairun Nisa, Nurhasanah Nurhasanah, Muhammad Tahir, Asrin Asrin

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini untuk memberikan pemahaman, dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan para orang tua dan guru sekolah dasar khususnya kelas satu dalam mengaplikasikan cara memberikan informasi yang tepat dan bijak terhadap anak tentang pendidikan seksualitas sejak dini. Setelah kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan para orangtua dan guru-guru SDN gugus IV Kota dapat mengantisipasi terjadinya kasus kekerasan seksual pada anak (pelecehan pada anak) yang dilakukan oleh orang-orang terdekat termasuk keluarga. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah ceramah, diskusi dan tanya jawab serta peraktik langsung. Pelaksanaan sosialisasi ini terbagi menjadi dua sesi yang pertama penyampaian materi oleh para narasumber (tim pengabdian masyarakat) mengenai pentingnya pendidikan seksualitas diberikan sejak dini pada peserta didik, kemudian tanya jawab tentang hal-hal penting yang belum kelas. Sesi kedua meminta mereka untuk peraktik langsung secara berkelompok mengaplikasikan cara-cara pemberian pendidikan seksualitas seperti yang tersedia di modul. Pelaksanaan kegiatan sosialisasi berjalan dengan lancar sesuai rencana. Orangtua siswa dan guru yang menjadi peserta antusias dan bersemangat mengikuti dengan banyak pertanyaan yang diajukan. Peserta khususnya orang tua siswa mengharapkan ada kegiatan lanjutan berupa pelatihan untuk keterampilan lainnya.

Full Text:

PDF

References

Aji, W. 2014. Komnas Anak: 2014, Kekerasan Seksual Paling Tinggi Terjadi di Sekolah. www.tribunnews.com (Rabu, 2 Januari 2018).

Aziz, S. 2014. Pendidikan Seks Bagi anak Bekebutuhan Khusus. Jurnal Kependidikan, 2(2), 1–15.

Justicia, R. 2016. Program Underwear Rules Untuk Mencegah Seksual Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(2): 217-232.

Laks, H., Ott, R. A., Hahn, J. W., Standeven, J. W., & Willman, V. L. 1977. A servo controlled transapical left ventricular to aortic assist device with implantable cannulae. Transactions - American Society for Artificial Internal Organs, 23(1), 319–325.

Ninawati, M., & Handayani, S. L. 2018. Pengaruh Pendidikan Seksual dalam Pembelajaran IPA terhadap Perilaku Kekerasan Seksual. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 217–223.

Panjaitan, R. L., Djuanda, D., & Hanifah, N. 2015. Persepsi Guru Mengenai Sex Education Di Sekolah Dasar Kelas Vi. Mimbar Sekolah Dasar. 2(2), 224–233.

Septiawan, M. H., Pitoewas, B., & Yanzi, H. 2014. Pengaruh Pendidikan Seks Dalam Keluarga Terhadap Perkembangan Moral Anak. Jurnal Kultur Demokrasi. 2(8).

United Nations Joint Programme on HIV and AIDS: Impact of HIVand Sexual Health Education on the Sexual Behaviour of Young People: a Review Update. [UNAIDS Best Practice Collection] Geneva: UNAIDS, 1997.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.