PENINGKATAN GIZI KELUARGA MELALUI PROGRAM GERAKAN MEMASYARAKATKAN MAKAN IKAN (GEMARIKAN) DI DUSUN BALE KUWU DESA GUNUNGSARI

Mahrus Mahrus, Lalu Zulkifli, Dewa Ayu Citra Rasmi, Syahruddin AR, Ahmad Raksun

Abstract

Prevalensi angka anak-anak Indonesia yang mengalami gizi buruk masih tinggi, yakni mencapai 5,7% dan gizi kurang 13,9%, serta masalah stunting (anak pendek) pada anak balita (bawah lima tahun) masih tinggi yaitu sebesar 37,2%. Penyuluhan Gemarikan di Dusun Bale Kuwu Desa Gunungsari merupakan salah satu program pemerintah untuk meningkatkan gizi pada anak-anak sejak dini. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah ceramah dan diskusi. Peserta yang mengikuti kegiatan sosialisasi ini berjumlah 20 orang ibu-ibu rumah tangga. Materi ceramah difokuskan pada khasiat mengonsumsi ikan untuk kesehatan. Peranserta ibu-ibu rumah tangga sangat dibutuhkan untuk memberikan gizi yang cukup kepada anak-anaknya dan mensosialisasikan Gemarikan kepada masyarakat dalam rangka mewujudkan masyarakat yang sehat dan berkualitas di masa depan. Tanggapan ibu-ibu rumah tangga sebagai kelompok sasaran adalah sangat positif. Mereka sangat senang menerima materi pengabdian semacam ini meskipun pernah mendapatkan informasi ini melalui televisi. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada kegiatan pengabdian ini, anggota tim menyarankan semua pihak terkait untuk melakukan penelitian dan pemberdayaan masyarakat tentang Gemarikan. Saran ini didasarkan pada konsumsi ikan memiliki kontribusi tinggi dalam ketahanan gizi nasional, dan mengkonsumsi ikan menjadi budaya masyarakat.

Full Text:

PDF

References

Badan Pusat Statistik Kabupaten Lombok Barat. 2016. Gunungsari dalam Angka.

Bimantara, A., & Nosa, S. A. 2018. Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan Sejak Usia Dini Melalui Pelatihan Pengolahan Ikan Bagi Orang Tua Siswa Kelas I SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta. J. Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, 2(2): 17-22

Depkes RI. 2013. Laporan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Tahun 2013.

Dorval, E. K. Piner, L. Robertson, C. S. Reiss, B. Javor, R. Vetter. 2011. Temperature record in the oxygen stable isotopes of Pacific sardine otoliths:Experimental vs. wild stocks from the Southern California Bight. J. Exp. Mar. Biol. and Ecol., 397: 136–143.

Rebah, F. B., A. Abdelmouleh, W. Kammoun & A. Yezza. 2010. Seasonal variation of lipid content and fatty acid composition of Sardinella aurita from the Tunisian coast. Abstract. Journal of the Marine Biological Association of the United Kingdom. 90(03): 569-573.

Saidah, E. S. 2003. Pentingnya stimulasi mental dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini. (1): 50-55.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.