Pengaruh Kemampuan Berpikir Divergen dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Jumardi Rauf, Siti Nur Humaira Halim, Randy Saputra Mahmud

Abstract

The aim of this study to know the influence of divergent thinking ability and self reliance learning towards students learning results. This is an ex-post facto research, the samples was 102 students from ninth class SMPN 24 Makassar. The instruments was divergent thinking skills test, koesioner self reliance learning, and test of student’s mathematical learning results. The results of a descriptive analysis showed that the ability to think divergent students in middle category with average score 55.91, standard deviation 10.623 of the 100 ideal score with percentage 42.42%. The self reliance of learning students in the high category with average score 60.03, standard deviation 6.528 of the 80 ideal score with percentage 74.2%. The results of students learning in the good categorized with average score 80.77, standard deviation 6.416 of the 100 ideal score with percentage 53%. The result of inferential analysis shows that the divergent thinking ability positively and significantly affects the learning results of 0.183. Self reliance learning also positively and significantly affect the learning results of 0.101. The results of inferential show that divergent thinking ability and self reliance learning simultaneously influence the results of mathematics learning students with regression equation Y=70,119+0,009X1+0,181X2.

 

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan berpikir divergen dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian ex-post facto, dengan mengambil sampel dari siswa kelas IX SMPN 24 Makassar sebanyak 102 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir divergen, kuesioner kemandirian belajar dan tes hasil belajar matematika. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukan bahwa kemampuan berpikir divergen siswa dikategorikan sedang dengan skor rata-rata 55,91 dan standar deviasi 10,623 dari skor ideal 100 dengan persentase 42,42%. Kemandirian belajar siswa berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 60,03 dan standar deviasi 6,528 dari skor ideal 80 dengan persentase 74,2%. Sedangkan hasil belajar siswa dikategorikan baik dengan skor rata-rata 80,77 dan standar deviasi 6,416 dari skor ideal 100 dengan persentase 53%. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kemampuan berpikir divergen terhadap hasil belajar matematika sebesar 0,183, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 0,101, serta terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara kemampuan berpikir divergen dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika persamaan regresi Y = 70,119 + 0,009X1 + 0,181X2

 

Keywords

Divergent Thinking Ability; Self Reliance Learning; Learning Result

Full Text:

PDF

References

Agwagah, U.N.V. (2001). Making Mathematics Education Self-Reliant. Journal of Science and Comuter Education. Vol 1(3), 36-37

Creswell, J. W. (2012). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research (4th ed.) (4th ed.). Boston, MA: Pearson

Fatika, Y.D. (2018). Pengaruh Kemampuan Operasi Hitung Matematika, Kemampuan Berpikir Divergen, dan Kecerdasan Linguistik terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sengkang Kabupaten Wajo, Skripsi. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar

Haryanto. (2006). Pengembangan Cara Berpikir Divergen-Konvergen sebagai Isu Kritis dalam Proses Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran. Vol 2, 1

Jauk, E., Benedek, M., & Neubauer, A. C. (2014). The Road to Creative Achievement; A latent variable model of ability and personality predictors. European Journal of Personality. 1(28). Doi : https://doi.org/10.1002/per.1941.

Khatri, P., & Dutta, S. (2018). Divergent Thinking – It’s Time to Change The Box. Research Review International Journal of Multidisciplinary. 3(10): 1004-1011

Maulyda, M. A., Hidayati, V. R., Rosyidah, A. N. K., & Nurmawanti, I. (2019). Problem-solving ability of primary school teachers based on Polya’s method in Mataram City. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 139–149.

Mudjiman, H. (2007). Belajar Mandiri (Self-Motivated Learning). Surakarta: UNS Press.

Ni, M., Yang, L., Chen, J., Chen, H., Li, X. (2014). How to Improve Divergent Thinking Capability by Information Technology and Extenics. 31(2014): 158-164. Doi: 10.1016/j.procs.2014.05.256..

Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Matematika. Journal Formatif. 6(1): 73-84. Doi: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i1.754.

Puri, A. (2017). Self Reliance in Relation to Learning Style of High School Students. International Education & Research Journal (IERJ). 3(5): 110-111.

Runco, M. A., & Acar, S. (2012). Divergent Thinking As An Indicator of Creative Potential. Creativity Research Journal. 24(1): 66-75. Doi: 10.1080/10400419.201.

Sundayana, R. (2014). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika (Untuk Guru, Calon Guru, Orang Tua, dan Para Pecinta Matematika). Bandung: Alfabeta.

Tiro, M. A. (2010). Cara Efektif Belajar Matematika. Makassar: Andira Publisher.

Upu, H., Nasrullah, & Amir, A.A. (2019). Pengaruh Tipe Kepribadian, Berpikir Divergen, Iklim Keluarga, dan Motivasi terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMAN 3 Sinjai. Journal Eprints

Wahyuni, T. (2016). Pengaruh Sikap, Kemampuan Verbal, Motivasi Berprestasi, Kedisiplinan, Kemampuan Berpikir Divergen dan Minat Belajat terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Takalar. Skripsi. Makassar: Universitas Negeri Makassar

Refbacks

  • There are currently no refbacks.