Pengembangan Media Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Teorema Pythagoras

Nita Fatma Fauziah, Fahrur Rozi Hadiyanto

Abstract

The Pythagorean Theorem is an important material to study because the application of this material is used to study other material in mathematics as well as in other subjects. The success of students in learning the Pythagorean theorem material can be influenced by several factors, one of which is the way the teacher teaches the material. A valid and practical learning media is one way of teaching the Pythagorean theorem so that it is better understood by students. The purpose of this research is to produce a valid and practical Pythagorean theorem learning media. The learning media (students work sheet) development model refers to the Plomp development model which consists of: (1) the initial investigation stage, (2) the design stage, (3) the realization stage, and (4) the test, evaluation, and revision stages. Based on the analysis of development data, it is found that the learning media developed are valid and practical.

 

Abstrak

 Theorema Pytagoras adalah materi yang penting untuk dipelajari karena aplikasi maetri ini digunakan untuk mempelajari materi lain dalam matematika dan pelajaran lain. Keberhasilan dalam memepelajari materi teorema Pythagoras salah satunya dapat dipengaruhi oleh cara guru dalam membelajarkan materi ini. Media pembelajaran yang valid dan praktis adalah salah satu cara membelajarkan materi teorema Pythagoras agar lebih dipahami oleh siswa. Tujuan  dalam penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran teorema Pythagoras yang valid, dan praktis. Model pengembangan media pembelajaran mengacu pada model pengembangan Plomp yang terdiri atas: (1) tahap investigasi awal, (2) tahap desain, (3) tahap realisasi, dan (4) tahap tes, evaluasi, dan revisi. Berdasarkan analisis data pengembangan diperoleh hasil bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid, dan praktis.

 

Keywords

The Pythagorean Theorem; The Learning Media; Student Work Sheet; Teorema Pythagoras; Media Pembelajaran; Lembar Kegiatan Siswa

Full Text:

PDF

References

Adriani, N., & Harianto. (2010). Pembelajaran Multimedia di Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Hobri. (2010). Metodologi Penelitian Pengembangan. Jember: Pena Salsabila.

Irnayanti, A., Karniman, T. S., & Anggraini. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing dan Metode Drill untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Teorema Phythagoras di Kelas VIII C SMP Negeri 3 Balinggi. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika, 6(4), 418–429.

Maulida, R. F., Darmawan, P., & Prayekti, N. (2019). Analisis Pemahaman Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Terkait Teorema Pythagoras. Prosiding Seminar Nasional MIPA UNIBA 2019, 198–204.

Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: Referensi.

Neumann, M. D. (2014). Mathematics Teaching : Interpreting and Responding to Children ’ s Thinking. Investigations in Mathematics Learning, 6(3), 1–28.

Paseleng, M. C., & Arfiyani, R. (2015). Pengimplementasian Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Scholaria, 5(2), 131–149.

Putri, L. A., & Dewi, P. S. (2020). Media Pembelajaran Menggunakan Video Atraktif pada Materi Garis Singgung Lingkaran. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 32–39. https://doi.org/10.33365/jm.v2i1.568

Rohmah, A. S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa MTs dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Teorema Pythagoras. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(5), 433–442. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i5.433-442

Subanji, S. (2014). TEQIP sebagai Wahana Mewujudkan Pembelajaran Bermakna dan Membangun Karakter Bangsa. J-Teqip, 5(2), 307–318.

Wahjudi, E. (2015). Penerapan Discovery Learning Dalam Pembelajaran IPA sebagai Upaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX-I di SMP Negeri 1 Kalianget. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 5(1), 1–15. https://doi.org/10.24929/lensa.v5i1.242

Refbacks

  • There are currently no refbacks.