Penerapan Pendidikan Karakter oleh Mahasiswa Pendidikan Kimia UIN Sunan Kalijaga
Authors
Kartika Angga Cahyaningsih , Nani Arum Pratiwi , Widiyanto Widiyanto , Latief Susila Aji , Mufrita Laili , Muhammad ZamhariDOI:
10.29303/cep.v4i1.2276Published:
2021-05-31Issue:
Vol. 4 No. 1 (2021): Edisi MeiArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman dan sikap mahasiswa terhadap penerapan pendidikan karakter di Prodi Pendidikan Kimia UIN Sunan Kalijaga. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif melalui pendekatan kuantitatif dengan bantuan SPSS 26.0 for windows. Populasi penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Kimia angkatan 2014 dan angkatan 2019 yang berjumlah sekitar 200 mahasiswa, dan diambil sampel sebesar 36% dari semua populasi mahasiswa Pendidikan Kimia yaitu sebanyak 72 mahasiswa dengan teknik proportional random sampling. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemahaman dan sikap terhadap pendidikan karakter mahasiswa laki-laki dan perempuan Prodi Pendidikan Kimia UIN Sunan Kalijaga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemhaman dan sikap mahasiswa laki-laki Prodi Pendidikan Kimia UIN Sunan Kalijaga didominasi dalam kategori baik, yaitu sebesar 91%, sedangkan kategori cukup baik hanya 9% dan untuk pemahaman dan sikap mahasiswa perempuan juga didominasi dalam kategori baik, yaitu sebesar 93.4%, sedangkan kategori cukup hanya 6%.References
Adu, L. (2014). Pendidikan karakter dalam perspektif Islam. BIOSEL (Biology Science and Education): Jurnal Penelitian Science dan Pendidikan, 3(1), 68-78.
Dulkiah, M. (2018). Pengaruh Kemiskinan Terhadap Tingkat Tindak Kriminalitas Di Kota Bandung. JISPO Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 8(1), 36-57.
Hadisi, L. (2016). Efektifitas Pendidikan Karakter Pada Sekolah Anak Usia Dini: Studi PadaTK Islam Terpadu Al-Qalam Kendari. Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 11(2), 109-125. doi:10.31332/ai.v11i2.457
Ilma, N. (2015). Peran Pendidikan Sebagai Modal Utama Membangun Karakter Bangsa. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 82-87.
Islam, S. (2017). Karakteristik pendidikan karakter; menjawab tantangan multidimensional melalui implementasi Kurikulum 2013. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 89-100.
Masamah, U., & Zamhari, M. (2016). Peran Guru Dalam Membangunan Pendidikan Berkesadaran Multikultural Di Indonesia. Quality, 4(2), 262-279. doi:10.21043/quality.v4i2.2124
Maunah, B. (2015). Implementasi pendidikan karakter dalam pembentukan kepribadian holistik siswa. Jurnal Pendidikan Karakter(1), 90-101.
Nasir, M. (1999). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nasution, L. M. (2017). Statistik deskriptif. Hikmah, 14(1), 49-55.
Palupi, T., & Sawitri, D. R. (2017). Hubungan antara sikap dengan perilaku pro-lingkungan ditinjau dari perspektif theory of planned behavior. Paper presented at the Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning.
Saliman, Widiastuti, A., & Wulandari, T. (2013). Persepsi dan Sikap Mahasiswa Terhadap Pendidikan Karakter di Prodi Pendidikan IPS UNY. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 10(2), 139-146. doi:10.21831/socia.v10i2.5350
Setiawan, A. (2014). Prinsip pendidikan karakter dalam islam: studi komparasi pemikiran al-Ghazali dan Burhanuddin al-Zarnuji. Dinamika Ilmu, 14(1), 1-12. doi:10.21093/di.v14i1.4
Suryaman, M. (2010). Pendidikan karakter melalui pembelajaran sastra. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(3), 112-126.
Wahidin, U. (2013). Pendidikan Karakter Bagi Remaja. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(3), 256-269. doi:10.30868/ei.v2i03.29
Wahyudin, D. (2009). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Zamhari, M., & Masamah, U. (2016). Relevansi metode pembentukan pendidikan karakter dalam kitab Taââ¬â¢lim al-Mutaââ¬â¢allim terhadap dunia pendidikan modern. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 11(2), 421-442. doi:10.21043/edukasia.v11i2.1724
Zuhriy, M. S. (2011). Budaya pesantren dan pendidikan karakter pada pondok pesantren salaf. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(2), 287-310. doi:10.21580/ws.19.2.159
Author Biographies
Kartika Angga Cahyaningsih, Pendidikan Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Nani Arum Pratiwi, Pendidikan Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Widiyanto Widiyanto, Pendidikan Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Latief Susila Aji, Pendidikan Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Mufrita Laili, Pendidikan Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Muhammad Zamhari, Pendidikan Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Pendidikan Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
License
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).