IDENTIFIKASI METODE PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KECAMATAN SEKARBELA KOTA MATARAM TAHUN AJARAN 2022/2023
DOI:
10.29303/jmp.v4i2.7177Diterbitkan:
2024-06-25Terbitan:
Vol 4 No 2 (2024): JuniArticles
Unduhan
Cara Mengutip
Unduhan
Metrik
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi metode pembelajaran untuk meningkatkan kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun di Kecamatan Sekarbela, Kota Mataram Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis Penelitian ini adalah penelitian survey. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Random Sampling, Populasi sebanyak 32 TK dan 125 guru, diambil 20% sebagai sampel pada populasi dan mendapatkan 25 guru sebagai sampel dan 6 TK, dengan metode pengumpulan data yaitu angket dan wawancara sebagai pelengkap. Adapun hasil perolehan persentase yang paling sering digunakan guru dalam penelitian identifikasi metode pembelajaran untuk meningkatkan kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun di Kecamatan Sekarbela, Kota Mataram Tahun Pelajaran 2022/2023 sebagai berikut: Metode bermain 91%, metode tanya jawab 86% dan metode bercerita 80% , metode bernyanyi 69% dan metode paling rendah yakni metode karyawisata dengan jumlah persentase 63%. Berdasarkan hasil persentase yang telah diperoleh dapat disimpulkan metode yang paling signifikan ntuk meningkatkan kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun adalah metode bermain.
Biografi Penulis
Meidi Rizki, Universitas Mataram
I Nyoman Suarta, Universitas Mataram
Ika Rachmayani, Universitas Mataram
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Meid Rizki, I Nyoman Suarta, Ika Rachmayani
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawahÃÂ Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya diÃÂ Jurnal Mutiara Pendidikan.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).