PENGARUH PEMANFAATAN LAGU ANAK TERHADAP KARAKTER ANAK USIA DINI DI PAUD TERPADU BUNDAKU DESA CAMPA
DOI:
10.29303/jmp.v4i3.7906Published:
2024-10-29Issue:
Vol. 4 No. 3 (2024): OktoberArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Pendidikan anak usia dini memiliki peran sangat besar dalam membangun dan membentuk karakter jangka panjang anak. Salah satu cara untuk membentuk karakter anak adalah dengan cara memperkenalkan lagu anak yang bermuatan nilai-nilai positif dan pesan moral di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Pemanfaatan Lagu Anak terhadap Karakter Anak Usia Dini di PAUD Terpadu Bundaku Desa Campa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain quasi experimental type Non-equevalen Control Group Design. Populasi penelitian sebanyak 52 anak di PAUD Terpadu Bundaku Desa Campa, yakni 32 anak kelas B1 sebagai kelas eksperimen dan 20 anak kelas B2 sebagai kelas kontrol. Lagu yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tepuk Wudhu. Tehnik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi karakter anak usia dini. Tehnik analisis data yang digunakan yakni uji prasyarat dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa uji Independent Sample T-Test dengan bantuan SPSS 22.0 dengan taraf signifikan 5% atau 0,05, diperoleh nilai Sig. (2-tailed) yakni 0,000 < 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan data yang didapat maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan lagu anak terhadap karakter anak usia dini di PAUD Terpadu Bundaku Desa Campa.
Author Biographies
Suci Ramdhani, Universitas Mataram
Baik Nilawati Astini, Universitas Mataram
Ika Rachmayani, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2024 Suci Ramdhani, Baik Nilawati Astini, Ika Rachmayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawahÃÂ Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya diÃÂ Jurnal Mutiara Pendidikan.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).