UPAYA MEMINIMALISIR MISKONSEPSI SISWA LEWAT MEDIA KOIN DAN GARIS BILANGAN DI SDN 1 BAGIK POLAK
Authors
Awal Nur Kholifatur Rosyidah , Ketut Sri Kusuma Wardani , Vivi Rachmatul Hidayati , Mohammad Archi MaulydaDOI:
10.29303/jppm.v4i4.2983Published:
2021-11-06Issue:
Vol. 4 No. 4 (2021): NovemberArticles
Downloads
How to Cite
Metrics
Abstract
Pemahaman konsep merupakan kompetensi yang harus dimiliki oleh siswa di dalam proses pembelajaran matematika. Faktanya siswa sering kali merasa kesulitan untuk memahami apa yang disampaikan oleh guru di kelas. Seringkali siswa terkesan dipaksa oleh guru untuk memahami materi secara instan dengan mengesampingkan darimana dan bagaimana proses itu didapatkan. Sementara media di dalam proses pembelajaran dijadikan sebagai jembatan atau perantara oleh guru untuk menyampaikan materi kepada siswa ketersediaannya sangat terbatas sehingga perlu dilakukan pengembangan media pembelajaran matematika khususnya media koin dan garis bilangan sebagai upaya meminimalisir miskonsepsi siswa. Kegiatan dilaksanakan dengan tahapan-tahapan sebagai berikut: persiapan workshop, menyiapkan alat dan bahan workshop, pelaksanaan workshop, dan evaluasi kegiatan. Berdasarkan hasil kegiatan workshop berjalan lancar sesuai jadwal yang telah direncanakan. Untuk mengukur keberhasilan kegiatan, tim PKM memberikan soal Pretest dan Postest kepada peserta. Hasil skor pretest dan postest peserta mengalami peningkatan dengan persentase 100% sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan workshop yang dilaksanakan berhasil. Untuk memperkuat hasil pre-post ini, tim PKM juga memberikan angket respon terkait pelaksanaan workshop yang sudah dilakukan dengan hasil respon peserta terhadap kegiatan workshop yang dilaksanakan sangat baikReferences
Christopoulos, A., Kajasilta, H., Salakoski, T., & Laakso, M.-J. (2020). Limits and Virtues of Educational Technology in Elementary School Mathematics. Journal of Educational Technology Systems, 49(1), 59ââ¬â81. https://doi.org/10.1177/0047239520908838
Deviana, D. R., & Prihatnani, E. (2018). Pengembangan Media Monopoli Matematika pada Materi Peluang untuk Siswa SMP. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 3(2), 114ââ¬â131. https://doi.org/10.15642/jrpm.2018.3.2.114-131
Dewi, Y. A. (2019). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Melalui Media Pembelajaran Berbantuan Komputer. Desimal: Jurnal Matematika, 2(3), 211ââ¬â231. https://doi.org/10.24042/djm.v2i3.4830
Inengsih, M., & Samad, A. (2013). Penggunaan media gambar berseri untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan kelas IV SDN 16 Sendoreng. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(4).
Kusuma, A. P., Rahmawati, N. K., & Ramadoni, R. (2020). The Application of the Accelerated Learning Cycle, Brain-based Learning Model, and Direct Instruction Model toward Mathematical Reasoning in Terms of Mathematical Communication. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 21ââ¬â28. https://doi.org/10.24042/ajpm.v11i1.6185
Leyton-Román, M., González-Vélez, J. J. L., Batista, M., & Jiménez-Castuera, R. (2020). Predictive Model for Amotivation and Discipline in Physical Education Students Based on Teachingââ¬âLearning Styles. Sustainability, 13(1), 187. https://doi.org/10.3390/su13010187
Powell, E. M., Frankel, L. A., & Hernandez, D. C. (2017). The mediating role of child self-regulation of eating in the relationship between parental use of food as a reward and child emotional overeating. Appetite, 56(3), 452ââ¬â478. https://doi.org/10.1016/j.appet.2017.02.017
Rahadi, M. R., Satoto, K. I., & Windasari, I. P. (2016). Perancangan Game Math Adventure Sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 4(1), 44ââ¬â56. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.4.1.2016.44-49
Rosyidah, Awal Nur Khalifatur, Maulyda, M. A., & Oktaviyanti, I. (2020). Miskonsepsi Matematika Mahasiswa PGSD Pada Penyelesaian Operasi Hitung Bilangan Bulat. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(01), 15ââ¬â21.
Rosyidah, Awal Nur Kholifatur, & Hartono. (2019). Keefektifan Media Koin Bilangan Dan Garis Bilangan Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik The Effectiveness of Numeral Coin And Number Line. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 6 (November), 1ââ¬â14.
Saputri, A., Sukirno, S., Kurniawan, H., & Probowasito, T. (2020). Developing Android Game-Based Learning Media ââ¬ÅGo Accountingââ¬Â in Accounting Learning. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 2(2), 91ââ¬â99. https://doi.org/10.23917/ijolae.v2i2.9998
Sousa, M., & Fontão, E. (2020). Exploring Learning Styles in a Portuguese Engineering School: Are They Different in Different Courses? International Journal of Engineering Pedagogy (IJEP), 10(6), 78. https://doi.org/10.3991/ijep.v10i6.15237
Suharto, S. (2020). The Ability to Understand Concepts: Cognitive Style, Cognitive Structure, Learning Styles and Learning Motivation. PENDIPA Journal of Science Education, 5(1), 15ââ¬â22. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.1.15-22
Widodo, A., Rochintaniawati, D., & Riandi, R. (2017). Primary School Teachersââ¬â¢ Understanding of Essential Science Concepts. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(3), 102ââ¬â112.
Yin, H., Lee, J. C.-K., & Zhang, Z. (2020). Catering for Learner Diversity in Hong Kong Secondary Schools: Insights from the Relationships Between Studentsââ¬â¢ Learning Styles and Approaches. ECNU Review of Education, 3(4), 610ââ¬â631. https://doi.org/10.1177/2096531120911800
Author Biographies
Awal Nur Kholifatur Rosyidah, Prodi PGSD, FKIP, Universitas Mataram
Ketut Sri Kusuma Wardani, Prodi PGSD, FKIP, Universitas Mataram
Vivi Rachmatul Hidayati, Prodi PGSD, FKIP, Universitas Mataram
Mohammad Archi Maulyda, Prodi PGSD, FKIP, Universitas Mataram
License
Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan dan Pengembangan (JPPM) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat (JPPM).
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).