UPAYA MEMINIMALISIR MISKONSEPSI SISWA LEWAT MEDIA KOIN DAN GARIS BILANGAN DI SDN 1 BAGIK POLAK

Awal Nur Kholifatur Rosyidah, Ketut Sri Kusuma Wardani, Vivi Rachmatul Hidayati, Mohammad Archi Maulyda

Abstract

Pemahaman konsep merupakan kompetensi yang harus dimiliki oleh siswa di dalam proses pembelajaran matematika. Faktanya siswa sering kali merasa kesulitan untuk memahami apa yang disampaikan oleh guru di kelas. Seringkali siswa terkesan dipaksa oleh guru untuk memahami materi secara instan dengan mengesampingkan darimana dan bagaimana proses itu didapatkan. Sementara media di dalam proses pembelajaran dijadikan sebagai jembatan atau perantara oleh guru untuk menyampaikan materi kepada siswa ketersediaannya sangat terbatas sehingga perlu dilakukan pengembangan media pembelajaran matematika khususnya media koin dan garis bilangan sebagai upaya meminimalisir miskonsepsi siswa. Kegiatan dilaksanakan dengan tahapan-tahapan sebagai berikut: persiapan workshop, menyiapkan alat dan bahan workshop, pelaksanaan workshop, dan evaluasi kegiatan. Berdasarkan hasil kegiatan workshop berjalan lancar sesuai jadwal yang telah direncanakan. Untuk mengukur keberhasilan kegiatan, tim PKM memberikan soal Pretest dan Postest kepada peserta. Hasil skor pretest dan postest peserta mengalami peningkatan dengan persentase 100% sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan workshop yang dilaksanakan berhasil. Untuk memperkuat hasil pre-post ini, tim PKM juga memberikan angket respon terkait pelaksanaan workshop yang sudah dilakukan dengan hasil respon peserta terhadap kegiatan workshop yang dilaksanakan sangat baik

Full Text:

PDF

References

Christopoulos, A., Kajasilta, H., Salakoski, T., & Laakso, M.-J. (2020). Limits and Virtues of Educational Technology in Elementary School Mathematics. Journal of Educational Technology Systems, 49(1), 59–81. https://doi.org/10.1177/0047239520908838

Deviana, D. R., & Prihatnani, E. (2018). Pengembangan Media Monopoli Matematika pada Materi Peluang untuk Siswa SMP. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 3(2), 114–131. https://doi.org/10.15642/jrpm.2018.3.2.114-131

Dewi, Y. A. (2019). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Melalui Media Pembelajaran Berbantuan Komputer. Desimal: Jurnal Matematika, 2(3), 211–231. https://doi.org/10.24042/djm.v2i3.4830

Inengsih, M., & Samad, A. (2013). Penggunaan media gambar berseri untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan kelas IV SDN 16 Sendoreng. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(4).

Kusuma, A. P., Rahmawati, N. K., & Ramadoni, R. (2020). The Application of the Accelerated Learning Cycle, Brain-based Learning Model, and Direct Instruction Model toward Mathematical Reasoning in Terms of Mathematical Communication. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 21–28. https://doi.org/10.24042/ajpm.v11i1.6185

Leyton-Román, M., González-Vélez, J. J. L., Batista, M., & Jiménez-Castuera, R. (2020). Predictive Model for Amotivation and Discipline in Physical Education Students Based on Teaching–Learning Styles. Sustainability, 13(1), 187. https://doi.org/10.3390/su13010187

Powell, E. M., Frankel, L. A., & Hernandez, D. C. (2017). The mediating role of child self-regulation of eating in the relationship between parental use of food as a reward and child emotional overeating. Appetite, 56(3), 452–478. https://doi.org/10.1016/j.appet.2017.02.017

Rahadi, M. R., Satoto, K. I., & Windasari, I. P. (2016). Perancangan Game Math Adventure Sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 4(1), 44–56. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.4.1.2016.44-49

Rosyidah, Awal Nur Khalifatur, Maulyda, M. A., & Oktaviyanti, I. (2020). Miskonsepsi Matematika Mahasiswa PGSD Pada Penyelesaian Operasi Hitung Bilangan Bulat. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(01), 15–21.

Rosyidah, Awal Nur Kholifatur, & Hartono. (2019). Keefektifan Media Koin Bilangan Dan Garis Bilangan Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik The Effectiveness of Numeral Coin And Number Line. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 6 (November), 1–14.

Saputri, A., Sukirno, S., Kurniawan, H., & Probowasito, T. (2020). Developing Android Game-Based Learning Media “Go Accounting” in Accounting Learning. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 2(2), 91–99. https://doi.org/10.23917/ijolae.v2i2.9998

Sousa, M., & Fontão, E. (2020). Exploring Learning Styles in a Portuguese Engineering School: Are They Different in Different Courses? International Journal of Engineering Pedagogy (IJEP), 10(6), 78. https://doi.org/10.3991/ijep.v10i6.15237

Suharto, S. (2020). The Ability to Understand Concepts: Cognitive Style, Cognitive Structure, Learning Styles and Learning Motivation. PENDIPA Journal of Science Education, 5(1), 15–22. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.1.15-22

Widodo, A., Rochintaniawati, D., & Riandi, R. (2017). Primary School Teachers’ Understanding of Essential Science Concepts. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(3), 102–112.

Yin, H., Lee, J. C.-K., & Zhang, Z. (2020). Catering for Learner Diversity in Hong Kong Secondary Schools: Insights from the Relationships Between Students’ Learning Styles and Approaches. ECNU Review of Education, 3(4), 610–631. https://doi.org/10.1177/2096531120911800

Refbacks

  • There are currently no refbacks.