Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Prestasi Belajar Kimia

Alfiatus Sholihah, Dwi Laksmiwati, Mukhtar Haris

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap prestasi belajar kimia materi laju reaksi pada siswa kelas XI SMKN 3 Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu atau quasi experiment dengan desain posttest only control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan sampel kelas XI TGB-A dan XI TGB-B. Kelas XI TGB-A terpilih sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah, dan kelas XI TGB-B terpilih sebagai kelas kontrol diajar menggunakan pembelajaran konvensional (ceramah). Data prestasi belajar dikumpulkan dari hasil posttest setelah siswa memperoleh materi pelajaran laju reaksi. Hasil posttest menunjukkan kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 83,23 dan kelas kontrol sebesar 77,38. Hasil uji normalitas diperoleh χ2hitung (9,20 untuk kelas eksperimen dan 9,24 untuk kelas kontrol) < χ2tabel (11,07) yang berarti data posttest pada kedua kelas terdistribusi normal. Hasil uji homogenitas diperoleh Fhitung  (1,38) < Ftabel (1,84) yang berarti varians kedua kelas homogen. Kemudian dilakukan uji hipotesis parametris uji-t diperoleh thitung  (1,47) < ttabel  (1,64) pada taraf signifikan 5% sehingga Ho diterima dan Ha ditolak, yaitu pembelajaran berbasis masalah tidak berpengaruh lebih baik daripada pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar kimia materi laju reaksi pada siswa kelas XI SMKN 3 Mataram.

Full Text:

PDF

References

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar- dasar Evaluasi Pendidikan Ed. Revisi, Cet. 9. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik Ed. Revisi, Cet.14. jakarta: Rineka Cipta.

Baron, Leora. 2003. Problem Based Learning (http://www.academy@fiu.ed u/atresourcesttqt.html)

Copriady,Jimmi. 2014. Penerapan SPBM yang Diintegrasikan Dengan Program Exe Learning Terhadap Motivasi Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kimia Dasar. Jurnal Pendidikan FKIP Universitas Riau: 95-105.

Daryanto. 2013. Model dan Tahapan Mengajar: Bekal Keterampilan Mengajar Bagi Guru. Cet. 1. Bandung:Yrama Widya.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2012.

Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Erawati, Emi dan Dyah Saptarini.

Kimia 2 SMK Kelas

XI. Jakarta: Yudhistira.

Faizi, Mastur. 2013. Ragam Metode Mengajarkan Eksakta pada Murid. Jogjakarta: DIVA Press.

Harahap, Nasrun. 1979. Teknik Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Bulan Bintang.

Hasni, Diyah Rauhillah. 2010.

Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Pada Konsep Laju Reaksi. Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Isjoni dan Isnail. 2008. Model-model Pebelajaran Mutakhir. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Jufri, w. 2013. Belajar dan Pebelajaran sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta

Ladyshewsky, Richard K; Barrie, Simon D; Drake, Vaile M; Sanders, Babette S. 1998. A Comparison of Productivity and Learning Outcome In Individual And Cooperative Physical Therapy Clinical Education Models/Commentary/Response. Physical Therapy 78(12): 1288

Laksmiwati, D., Hadisaputra, S., & Siahaan, J. (2019). Pengembangan Modul Praktikum Kimia Berbasis Problem Based Learning Untuk Kelas XI SMA. Chemistry Education Practice, 1(2), 36-41.

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Purkatakarya

Nur, Mohamad. 2006. Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: LPMP Ditjen PMPTK Depdiknas

Permendiknas.2006.Peraturan

Menteri Pendidikan

Nasional 22 Tahun 2006

Tentang Kelompok Mata Pelajaran SMK. Jakarta: Permendiknas.

Rusmono. 2012. Model Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu: Untuk Meningkatkan

Profesionalitas Guru. Cet. 2. Bogor: Ghalia Indonesia

Sagala, S. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Silaban, Bajongga. 2003. Implikasi Konstruktivis Terhadap Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Uda: 6-10.

Smith, Patricia L. dan Tillman J Ragan. 1993. Intructional Design. New York: Macmillan Publishing Company.

Suardana, I. 2006. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja. No 4 TH XXXIX Oktober 2006, ISSN 0215 –

Subana., Moersetyo, R dan Sudrajat.

Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Surjono, Herman Dwi dan Bekti

Wulandari. 2013. Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar Plc Di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi Universitas Negeri Yogyakarta Vol 3, No. 2, hlm 178-191.

Suyanti, Retno Dwi. 2010. Model Pembelajaran Kimia. Cet. 1. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Triatno. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inoatif Progresif. Jakarta: kencana Prenada Media Grup

Usman, Husaini dan Purnomo Setiady Akbar. 2008. Pengantar Statistika. Cet.2. Jakarta: Bumi Aksara.

Wasonowati, Ratna Rosidah Tri. 2014. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Hukum - Hukum Dasar Kimia Ditinjau Dari Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 3(3) 66-75.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.