Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (Cups) terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Hidrokarbon Siswa Kelas XI IPA MAN Lombok Barat Tahun Pelajaran 2018/2019

Shofiatun Nauri, Dwi Laksmiwati, Muti’ah Muti’ah

Abstract

Penelitian inibertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap hasil belajar kimia materi hidrokarbon siswa kelas XIIPA MAN Lombok Barat. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah eksperimen semu (quasyexperiment) dengan rancangan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian seluruh siswa kelasXI IPA MAN Lombok Barat yang terdiri dari dua kelas, dengan jumlah totalsiswa 53 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) dan pada kelas kontrol diterapkan model pembelajaran konvensional. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil uji statistik diperoleh t-hitung=2,89>t-tabel  =1,684 yang berarti Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) memberikan pengaruh yang lebih baik pada hasil belajar kimia materi hidrokarbon siswa kelas XI IPA MAN Lombok Barat.

Full Text:

PDF

References

Ismawati, F. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Curiosity Siswa Pada Pelajaran Fisika. Skripsi. Semarang : FMIPA Universitas Negeri Semarang.

Kurniawan, F. 2015. Peningkatan Pemahaman Konsep, Keterampilan Mempredikksi Dan Keterampilan Menjelaskan Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Dalam Pembelajaran Gerak Lurus Berubah Beraturan Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Prambanan. Skripsi . Yogyakarta: FKIP Universitas Santa Dharma.

Kurniawati, E. 2013. Pengaruh Penerapan Modifikasi ConseptualUnderstanding Procedures (M-CUPs) Terhadap Peningkatan KemampuanKomunikasi Matematika Siswa SMP. Skripsi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Mahmudah, S., Sukib, S., & Hakim, A. (2018). Pengembangan Modul Praktikum Kimia Bahan Alam: Isolasi Trimiristin Dari Pala. Chemistry Education Practice, 1(1), 20-25.

Musbhirah, Q. U., Muntari, M., & Al Idrus, S. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Joyful Learning dengan Media Kartu Aksi Terhadap Hasil Belajar Kimia. Chemistry Education Practice, 1(1), 26-33.

Mulhall, P., dan McKittrick, B. 2011. Using Conceptual Understanding Prosedures (CUPs) in The Teaching of Motion. Tersedia di www.education.monash.edu.au/research/groups/smte/projects/cups/. Diaskes 16 Januari 2019.

Rahmawati, F.D.2014. Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap Hasil Belajar Pemahaman Konsep dan Pemahaman Prosedur Matematika Kelas VII MTs Al Huda Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2013-2014. Skripsi. Tulungaguung: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Tulungagung.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kuantitatif dan R &D. Bandung: Alfabeta.

Sumiati. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Berbantuan Media Kartu Mol Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X SMAN 1 Narmada Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Mataram: FKIP Universitas Mataram.

Tim Puslitjaknov. 2008. Metode Penelitian Pengembangan. Departemen Pendidikan Nasional.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.